LFNU Lumajang Lakukan Rukyatul Hilal di Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh Air War Range (AWR) Kunir

oleh -dibaca 1717 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Kunir. Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LF PCNU) Lumajang melakukan Rukyatul Hilal Ramadhan 1445 Hijriyah tahun ini di Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh Air War Range (AWR) Desa Jatimulyo Kunir Lumajang, Ahad (10/03/2024).

Ketua LF PCNU Lumajang Abdul Wahid menuturkan, Rukyatul Hilal di tempat tersebut baru perdana dilakukan, sebelumnya tim LFNU biasa melakukan Rukyatul Hilal di Pantai Wotgalih Yosowilangun.

“Sesuai instruksi PBNU kami dan seluruh tim Falakiyah di Indonesia melakukan Rukyatul Hilal hari ini. Pangakalan ini sengaja kami pilih karena tempatnya lebih dekat dan mudah dijangkau, dan untuk Bulan Rajab kemarin kami mencoba Rukyatul Hilal di sini dan berhasil melihat Hilal Rajab,” jelasnya.

BACA JUGA:   LF PCNU Lumajang Pantau Langsung Proses Gerhana Matahari dari Alun-alun

Ia menambahkan, untuk kemungkinan hilal dapat dilihat sendiri sangatlah kecil, hal itu dilihat dari tinggi hilal kurang dari 1 derajat yang standarnya potensi hilal bisa dilihat adalah 3 derajat lebih.

“Dan dari data PBNU memang dari ujung barat sampai ujung timur tinggi hilal memang sangat kecil dan potensi hilal bisa dilihat sangat kecil, tapi kita tetap akan melakukan observasi,” pungkasnya.

Kondisi di lokasi Rukyatul Hilal di Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh Air War Range (AWR) Kunir sendiri hingga saat ini masih terselimuti mendung dan matahari tidak tampak di ufuk barat.