Lahar Dingin Gunung Semeru Meluap, LPBINU Lumajang Lakukan Asesmen

oleh -dibaca 407 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Candipuro. Hujan deras yang mengguyur di sebagian wilayah Kecamatan Candipuro dan beberapa wilayah lainnya beberapa saat lalu mengakibatkan meluapnya banjir lahar dingin Gunung Semeru di beberapa pemukiman warga di beberapa tempat, Kamis (18/04/2024).

Merespon hal itu, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang menerjunkan tim untuk membantu melakukan asesmen.

“Sementara ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang dibantu relawan LPBI NU, Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah NU (LAZISNU) dan lainnya berupaya membantu dan menuju daerah sasaran,” ungkap Sekretaris LPBI NU Lumajang, Kustari Sumardi saat dikonfirmasi nu-lumajang.or.id.

Menurut Kustari, peristiwa terjadi sekitar pukul 19:00 WIB dan adanya peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa pada saat itu cuacanya akan semakin meningkat.

BACA JUGA:   Lahar Dingin Semeru, Ratusan Warga Lumajang Diungsikan

“Saat ini, kejadian masih dalam proses asesmen yang dilakukan oleh teman-teman LPBI NU Lumajang dan lainnya,” pungkas Sekretaris LPBI NU Lumajang itu.