Kiai Kholil As’ad: Orang Cerdas adalah Orang yang Bertujuan Bahagia Dunia Akhirat

oleh -dibaca 317 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Klakah. Pemerintah Desa Sumberwringin Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang menggelar acara Pengajian dan Shalawatan yang dihadiri oleh KHR. Muhammad Kholil As’ad di Pendopo Balai Desa, Jum’at (28/06/2024).

Dalam ceramahnya, Kiai Kholil menyampaikan bahwa ciri-ciri orang cerdas adalah orang yang selalu berusaha untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Adapun orang bodoh hanya mengejar kebahagiaan dunia yang sifatnya sementara saja.

“Hal demikian karena untuk masuk surga membutuhkan semangat berjuang, sedangkan neraka tak perlu berjuang. Sebab, surga itu merupakan ajakan para nabi dan neraka ajakan iblis,” jelasnya.

Kemudian ia melanjutkan, salah satu cara berjuang untuk masuk ke dalam surga adalah dengan cara menjaga keimanan umat Islam seperti mendidiknya, sebab demikian itu dapat membuat Rasulullah SAW bahagia.

BACA JUGA:   3 Amalan Ini Miliki Pahala Berlipat Ganda di Bulan Safar

“Jadi, titik tujuannya ialah berjuang untuk bahagia dunia dan akhirat, juga karena di sini pemerintah maka perangkat desanya harus bertujuan seperti itu dengan cara berteman dengan orang-orang baik agar dirinya juga baik dan desanya semakin menjadi baik,” pungkasnya.