KH Musleh Adnan: Ini 4 Ciri Orang Bertakwa dalam Al-Qur’an

oleh -dibaca 627 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Jatiroto. KH. Musleh Adnan menjelaskan empat ciri orang bertakwa dalam Al-Qur’an, hal ini disampaikan dalam tausiahnya di kediaman Mistari yang terletak di Dusun Curahwedi, Kecamatan Jatiroto pada hari Selasa (14/11/2023).

Kiai asal Jember ini menjabarkan secara rinci satu ayat dalam Al Qur’an yakni pada surat Ali ‘Imran Ayat 134:

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Penceramah sekaligus Pengasuh Pesantren Nahdlatut Ta’limiyah Pamekasan Madura ini menganjurkan masyarakat untuk menerapkan empat hal tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari, yakni bersedekah dalam keadaan lapang maupun sempit, menghindari permusuhan, saling memaafkan dan istiqomah dalam berbuat kebaikan.

BACA JUGA:   Doa Ketika Bencana Alam Datang Menguji Hati

“Manusia itu biasanya sedekah ketika kaya, itu biasa, yang luar biasa itu ketika dalam kodisi kepepet masih bisa sedekah, dan yang sering terjadi di masyarakat itu mudahnya timbul permusuhan gara-gara masalah sepele, itu sebetulnya mudah dan murah tapi susah untuk dilakukan, tapi kalau maksiat meski mahal masih dikerjakan,” ungkapnya dalam logat madura yang kental.

Puncak acara ditutup doa yang dikhususkan untuk keluarga Mistari, acara pengajian ini merupakan haul dari keluarganya yang sudah meninggal dunia.

 

Penulis : Khoirul Anam