Harlah Ma’arif ke-93, Momentum Optimalisasi Madrasah Berbasis Digital

oleh -44 views

NU-LUMAJANG.OR.ID, Sumbersuko. Ketua Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Lumajang, M Yamin menyatakan Harlah ke-93 ini adalah momentum optimalkan madrasah berbasis digital. Hal itu ia sampaikan di acara resepsi Harlah Ma’arif NU ke-93 di aula gedung MI Miftahul Ulum Sentul, Kecamatan Sumbersuko Lumajang, Senin (19/09/2022).

M Yamin mengatakan, saat ini madrasah harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada bukan lagi dengan kertas, kartu, dan sebagainya. Dengan hal ini orang tua murid dapat melihat perkembangan siswa melalui handphone dan laptop sesuai dengan aplikasi yang sudah diberikan.

“Maka seluruh lembaga baik itu madrasah maupun sekolah yang dibawah naungan LP Ma’arif NU Lumajang bisa bareng-bareng untuk mendaftarkan diri terkait dengan digitalisasi madrasah ini,” ungkap Yamin.

BACA JUGA:   Kerahkan 72 Personil, PCNU Banyuwangi Siap Bantu NU Lumajang Peduli disemua Sektor

Selain itu, kata Yamin, peringatan Harlah ma’arif NU ini harus memberikan pacuan terhadap Ma’arif NU Lumajang dan lembaga dibawah naungannya untuk terus berbenah diri terutama dalam menyediakan fasilitas yang baik dan nyaman agar bisa dinikmati bagi semua yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar.

“Contoh Gedung MI Miftahul Ulum ini, ini kita harus menirunya, nanti Kantor Baru Ma’arif Lumajang harus bisa melebihi gedung ini. Maka Pengelolaan yang baik bisa menghasilkan sesuatu yang bisa dinikmati oleh masyarakat dan orang tua murid insyaallah tidak akan sulit untuk mencari murid,” imbuhnya.

Ia menegaskan, pengelolaan madrasah bukan hanya tugas Kepala Madrasah, semua elemen dalam sebuah lembaga harus bersama-sama mengevaluasi sejauh mana ia berbuat dan menjalankan tugasnya.

BACA JUGA:   Perkuat Sinergitas, BAZNAS Lumajang Kunjungi PCNU Lumajang

“Sesuai dengan tema bergerak bersama untuk bangkit dan bermartabat,” tutupnya.

Dalam waktu dekat, Ma’arif Lumajang juga mempunyai banyak giat dalam menyongsong satu abad NU mendatang. Diantaranya jelajah santri yang akan dilaksanakan minggu depan di lapagan Desa Klanting Sukodono.

 

 

 

Pewarta: Malik Hakim

Editor: Sufyan