Gus Abdul Wahid Zaini: Lakukan 3 Hal Ini, Niscaya Akan Rasakan Manisnya Iman

oleh -dibaca 267 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Koordinator Pembentengan Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) Lembaga Dakwah (LD) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang, Gus Abdul Wahid Zaini mengatakan bahwasanya ada 3 (tiga) hal untuk dilakukan agar dapat merasakan manisnya iman.

Hal itu ia jelaskan saat ‘Ngaji Selosoan’ di Studio Media Center an-Nahdlah (MCN) Gedung PCNU Jalan Alun-alun Timur 03 Lumajang, Senin (19/02/2024).

“Pertama adalah orang yang sangat penyabar dan pemaaf serta mempunyai rasa toleransi yang tinggi, sehingga orang tersebut tidak mudah menyalahkan orang lain,” jelasnya.

Dalam acara yang bertajuk ‘Tiga Hal Bisa Dilakukan, Manisnya Iman pun Dapat Dirasakan’ ini, dirinya melanjutkan bahwa hal-hal yang dapat merasakan manisnya iman yang ke dua ialah orang yang berhati-hati (wara’) atau menahan diri agar tidak terjatuh pada kecelakaan.

BACA JUGA:   Kiai Qusyairi: Hindari Fitnah Harta dan Anak

“Orang yang berhati-hati itu contohnya ialah orang yang berhati-hati dalam segi akhlak, muamalah, hutang-piutang dan lain-lainnya, sehingga ia dapat merasakan manisnya iman sebab melakukan hal tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, yang ke tiga ialah orang yang mempunyai akhlak atau budi pekerti yang dapat menyenangkan semua orang.

“Jadi perintah berbuat baik itu berlaku kepada semua orang bahkan walaupun akhlaknya orang lain tidak baik kepada kita, kita tetap harus berbuat baik kepada orang tersebut, itulah yang membuat kita mudah merasakan manisnya iman,” tutupnya.