Diterjang Banjir Lahar Gunung Semeru, Dua Alat Berat Rusak Parah

oleh -dibaca 817 orang
Diterjang Banjir Lahar Gunung Semeru, Dua Alat Berat Rusak Parah
(Sumber foto: Yongki) Dua alat berat rusak parah akibat diterjang lahar dingin Semeru

NU-LUMAJANG.OR.ID, Candipuro. Gunung Semeru kembali memuntahkan Banjir Lahar ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Besuk Kobokan. Akibatnya, dua alat berat jenis excavator di sungai leprak, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang rusak parah karena terseret arus banjir, Rabu (07/06/2023).

Kejadian itu bermula saat kawasan Gunung Semeru diguyur hujan dengan intensitas tinggi, akibatnya jalur lava dari puncak dipenuhi air hujan yang mengakibatkan banjir lahar dingin.

Nahasnya, dua alat berat milik Rizal (44) warga Gresik diterjang hingga terseret beberapa meter.

“Ya terseret mas, bahkan ini badan dan rodanya tertanam oleh pasir dan batu,” ungkap Eri, salah satu penambang pasir Semeru.

Meski tak sampai menimbulkan korban jiwa, namun peristiwa ini membuat sang pemilik alat tambang mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

BACA JUGA:   Kepala Kemenag Lumajang Sebut Penyuluh Agama Sekarang Harus Multifungsi

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang bersama pengurus Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) menghimbau warga tetap waspada dari potensi bahaya vulkanik maupun banjir lahar susulan.

Sebagaimana hasil pengamatan petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gunung Semeru masih berstatus Siaga.