BUMNU Lumajang Siapkan Langkah Strategis, Berikut Program-progamnya

oleh -dibaca 2037 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Badan Usama Milik Nahdlatul Ulama (BUMNU) Kabupaten Lumajang menyiapkan langkah-langkah strategis melalui program-program yang telah disiapkan sesuai dengan arahan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang.

Bersama lembaga yang menangani ekonomi, Badan khusus yang baru dibentuk ini hendaknya bisa mensinergikan usaha yang ada dibawah naungan PCNU serta menggagas usaha baru yang berorientasi provit dan maslahah bagi Nahdliyin.

“Nantinya bisa menginventarisir usaha-usaha yang berafiliasi pada NU serta mengidentifikasi potensi-potensi yang ada untuk diberdayakan dan dimaksimalkan kinerjanya,” jelas Sekretaris BUMNU Lumajang M Anwar Syadad saat dikonfirmasi, Kamis (04/05/2023).

Selain itu, kata pria yang biasa disapa Arsya ini, BUMNU menerima dan memeriksa Laporan kegiatan dan keuangan semua usaha dibawah naungan PCNU dan melaporkannya kepada pimpinan PCNU secara berkala disamping diminta membuat terobosan dan usaha-usaha baru berdasarkan kajian potensi ekonomi yang bisa dikembangkan.

BACA JUGA:   Peresmian BMTNU Baru Meriahkan Halal Bi Halal MWCNU Tempeh

“Dan disinergikan dengan lembaga dan badan di bawah PCNU dengan mengikuti ketentuan yang berlaku, baik secara syar’i maupun legal formal pemerintah. Ada tiga langkah strategis pembinaan lembaga bisnis dalam koordinasi BUMNU,” lanjut Arsya.

Tiga hal tersebut, imbuh Arsya, adalah pendidikan dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional serta kompeten, penyiapan sistem aplikasi yg mudah diakses dan dikontrol, dan penyiapan suplai produl baik berupa barang maupun jasa agar dipastikan ketersediaannya dsn kualitasnya dengan hargabersaing.

“Juga ada tiga sektor usaha BUMNU yang menjadi prioritas, sektor perdagangan, sektor pembiayaan dan investasi dan sektor sumber daya alam baik hayati dan non hayati,” pungkasnya.