Perkuat Struktur, PCNU Lumajang Gelar MKNU

oleh -dibaca 213 orang

Lumajang- Sabtu (29/9) September PCNU Kabupaten Lumajang menggelar Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU). Di dalam tubuh NU, Madrasah Kader ini merupakan salah satu dari sekian banyak kaderisasi di tubuh Nahdlatul Ulama (NU), termasuk diantaranya Pendidikan dan Pengembangan Wawasan Keulamaan (PPWK), Pendidikan Kader Penggerak NU (PKPNU), Kaderisasi Fungsional dan Kaderisasi Profesional. Kegiatan MKNU kali ini dilaksanakan di kantor PCNU Kabupaten Lumajang. Terhitung, kurang lebih 100 orang menjadi peserta diacara ini. Diantaranya merupakan bagian dari jajaran Syuriah, Katib, Tanfidziah, Lembaga dan Jajaran pengurus di bawah garis struktur PCNU.

Kepala MKNU memberikan sambutan pembukaan

Dari data yang dihimpun, tercatat bahwa PCNU Lumajang merupakan Pengurus Cabang di Jawa Timur yang melaksanakan MKNU agak awal, karena fokus dan prioritas MKNU selama ini di luar Jawa, dan MKNU kali ini adalah kegiatan yang ke-65 yang dilaksanakan oleh Pengurus Pusat Nahdlatul Ulama (PBNU).

Baca Juga:  Rapat Melengkapi Pengurus, PCNU Singgung Pendirian Perguruan Tinggi NU

Gus Sulthonul Huda, M.Si yang merupakan Instruktur dan Kepala Madrasah, dalam acara ini menuturkan bahwa MKNU merupakan wilayah kaderisasi yang wajib diikuti oleh para pengurus NU. Dengan begitu, diharapkan akan terjadi kesepahaman maksud dan tujuan serta arah dalam mengembangkan Jam’iyyah ini.

“NU itu besar dan dapat berjalan walaupun tidak diurus. Hari ini kita mencoba menertibkan pola kaderisasi kita. Pada nantinya sertifikasi dari kaderisasi tersebut menjadi pra syarat pengurus” papar Sulthon.

Bersamaan, Gus Ud Ketua PCNU Lumajang berharap kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik dalam mengawali kepengurusan kali ini. “Kepengurusan NU Lumajang hari ini masih belum dilantik. Kami berharap MKNU hari ini bisa menjadi awal yang baik dalam menggerakkan NU di Kabupaten Lumajang” ujar Gus Ud.

Baca Juga:  PC. IPNU-IPPNU Siap Gelar Makesta dan Lakmud

MKNU ini dilaksanakan selama dua hari dua malam. Para peserta akan diberikan paparan yang jelas dalam mengelola dan menggerakkan NU kedepan. Materi yang disampaikan antara lain, Arah, Cita-cita dan Strategi Perjuangan NU, Relasi dan Respon NU Terhadap Ideologi, Relasi dan Respon NU Terhadap Negara, Arah Cita-Cita dan Program Perjuangan NU 2015-2020, dan materi akhir NU dan Pemberdayaan Ekonomi. (Yik, One).