Rayakan Harlah NU ke-95, LPBINU Lumajang Gelar Pelatihan SANGGUB

oleh -dibaca 102 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Yosowilangun. Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Lumajang menggelar pelatihan Santri Tangguh Bencana (SANGGUB) dalam rangka Harlah NU ke-95 pada Ahad (31/01/2021) di Musholla Roudlotul Jannah Yosowilangun Lumajang.

Acara yang diikuti oleh 49 peserta ini resmi dibuka oleh kordinator perangkat PC LPBINU Abdul Cholid Adnan yang sekaligus sebagai perwakilan PCNU Kabupaten Lumajang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua PC LPBINU Lumajang A. M. Ridlwan menuturkan pelatihan ini sekaligus menjadi wadah perekrutan relawan LPBI yang selanjutnya akan ada tindak lanjutnya.

Baca Juga:  LPBI dan Lazisnu Kirim Bantuan 200 Bungkus Nasi pada Korban Banjir

“Tidak cuman pelatihan, hal ini juga menjadi wadah rekrutmen relawan LPBI, yang selanjutnya tiap bulan sekali akan kami buat spesialisasi tiap claster dalam pembelajaran lapangan juga kegiatan penguatan kapasitas santri tangguh bencana LPBINU Lumajang,” ungkapnya.

Ia menambahkan Lumajang yang merupakan daerah yang rawan terjadi bencana bermacam-macam memerlukan kader-kader yang mumpuni dalam manajemen kebencanaan.

“Kita kedepan akan fokus di manajemen kebencanaan mengingat lumajang merupakan wilayah potensi ancaman multibencana,” imbuhnya.

Baca Juga:  Hadapi Bencana Kekeringan, PC NU Lumajang Kirim Air Bersih Ke Dua Titik Terdampak

Lebih lanjut ia dan timnya mengaku mendatangkan pelatih-pelatih ahli dalam bidang kebencanaan agar menghasilkan relawan yang betul-betul maksimal dalam penanganan bencana kedepan.

“Oleh karena itu pemateri yang kita undang tidak main-main semuanya merupakan tenaga ahli seperti ada dari BPBD Lumajang, Forum pengurangan resiko bencana Jatim, fasilitator Desa Tangguh Bencana (Destana) nasional dan dari NU peduli serta ahli lingkungan,” pungkasnya mantap.