PCNU Lumajang Apresiasi Program BUMTren

oleh -

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Sumbersuko. Peresmian Program Badan Usaha Milik Pesantren (BUMTren) di Pondok Pesantren Darun Najah, Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko oleh Bupati Lumajang diapresiasi Ketua PCNU Lumajang, Moh. Mas’ud S.Ag. M.A. Baginya, program pengembangan kemandirian pesantren ini patut dilakukan agar pondok pesantren di Lumajang kedepan tidak lagi kebingungan persoalan pendanaan.

“Saya apresiasi program BUMTren ini, sebab saya berkeyakinan jika pesantren-pesantren di Lumajang memiliki unit usaha, akan berdampak baik bagi keberlangsungan pesantren kedepan,” ungkap Ketua PCNU Lumajang, Moh. Mas’ud, Senin (11/01/2021).

Setidaknya, terdapat 150 pondok pesantren di Lumajang yang berpotensi mendirikan BUMTren, dimana pesantren-pesantren di bawah naungan RMI NU ini telah banyak bergerak di beberapa unit usaha, hanya saja masih menggunakan pengelolaan konvensional.

Baca Juga:  PCNU Instruksikan MWC dan Ranting sosialiskan Klinik NU

“Jika di 150 pesantren itu berdiri BUMTren dan disupport oleh pemerintah, saya yakin pesantren lah kedepan yang akan berperan besar dalam membangun Lumajang,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan, agar pemerintah tidak hanya serius saat peresmian saja, akan tetapi jiga harus serius dalam mengawal program dan pengembangan BUMTren mulai dari modal, pembinaan hingga intervensi pemasaran produknya.

“Program ini akan sangat bermanfaat untuk masyarakat Lumajang, oleh karenanya saya atas nama PCNU Lumajang berharap agar pemerintah konsisten dalam mengawal BUMTren ini termasuk pembinaan dan intervensi pasarnya,” pungkasnya.

Baca Juga:  MTs Nurul Masyitoh Borong Juara Jawa-Bali, Ketua NU Berikan Penghargaan

Sebelumnya, Ketua PCNU Lumajang Moh. Mas’ud S.Ag. M.A menghadiri acara peresmian BUMTren di Pondok Pesantren Darun Najah, Desa Sumbersuko, Lumajang. Dimana selain PCNU dan Pemerintah, Ketua DPRD Lumajang, H. Anang Ahmad Syaifuddin juga tampak hadir dalam peresmian BUMTren itu.

Selain meresmikan, pemerintah melalui dinas terkait juga memberikan sejumlah bantuan, baik alat produksi, hingga sejumlah jenis bibit untuk beberapa unit usaha BUMTren.

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta: Rokhmad