Pasca Bencana, LPBI NU Lumajang Lakukan Jitupasna Kepada Warga

oleh -

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Candipuro. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Lumajang melakukan Kajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru pada Senin (4/01/2020) sebagai langkah pemulihan kondisi masyarakat setelah mengalami bencana.

Ketua LPBINU Lumajang A.M. Ridlwan menuturkan kajian yang dilakukan oleh timnya telah dilakukan sejak seminggu yang lalu dan hasilnya akan dikumpulkan untuk ditanggulangi

“Jitupasna sejatinya sudah dilakukan sejak 22 Desember kemarin, semua data yang terkumpul hingga hari ini masih kita kaji dan nanti hasilnya kita bersama BPBD Kabupaten Lumajang akan melakukan pendampingan kepada warga yang terdampak bencana,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bupati Lumajang Inginkan Percepatan RSNU Jadi Program Unggulan Kabupaten
Pasca Bencana, LPBI NU Lumajang Lakukan Jitupasna Kepada Warga
Petani saat melihat tanamannya yang rusak akibat erupsi semeru

Ia menambahkan banyak hal yang biasa dialami warga setelah bencana yang membutuhkan pendampingan.

“Pasca bencana biasanya banyak sekali masalah-masalah yang dialami warga, seperti masalah psikologi, ekonomi, keagamaan, sosial, budaya dan lain-lain, maka kita kaji dan nanti kita bicarakan dengan pemerintahan berwenang di bagian apa kira-kira warga yang butuh didampingi,” imbuhnya.

Baca Juga:  PC LAZISNU Lumajang Tunjuk Kader Muda NU Senduro Sebagai Direktur baru
Pasca Bencana, LPBI NU Lumajang Lakukan Jitupasna Kepada Warga
Cabai yang sudah siap panen yang rusak akibat erupsi semeru

Lebih lanjut ia berharap dengan adanya pendampingan keadaan warga terdampak erupsi bisa pulih dan normal kembali.

“Kami berharap nanti dengan adanya pendampingan-pendampingan, situasi dan kondisi masyarakat bisa pulih seperti sediakala,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

Pewarta: Sufyan Arif