PC SAKO Pramuka Ma’arif NU Lantik SAKO MWC Kabupaten Lumajang

oleh -

NU-LUMAJANG.OR.IDSukodono, Pengurus Cabang Satuan Komunitas ( PC SAKO) Pramuka Ma’arif NU Lumajang Lantik Majelis Pembimbing (MABI) dan Satuan Komunitas Majelis Wakil Cabang (SAKO MWC) Pramuka Ma’arif NU Se-Kabupaten Lumajang, di Gedung PC NU 2 Sumberejo Kecamatan Sukodono, Kamis (24/12/2020).

Pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Kwartir Cabang Bidang Organisasi dan Hukum Muhammad Taufik, SH, MH, Ketua DKC Abi Malik, Ketua PC SAKO Pramuka Ma’arif NU Rokhmad, S.Ag, MA, Wakil Muhammad Yamin, S.Pd, MM, Sekretaris PC Sako Abdul Muizul Setiawan, S.Pd, dan lima perwakilan dari Pengurus SAKO MWC Se-Kabupaten Lumajang.

Sekretaris PC SAKO Abdul Muizul Setiawan, S.Pd menuturkan dalam pelantikan tersebut peserta yang hadir terdiri dari perwakilan Satuan Komunitas Majelis Wakil Cabang sekabupaten Lumajang yang berjumlah 18.

“Total peserta yang hadir 90 orang yakni utusan tiap kecamatan terdiri dari 5 perwakilan : Ketua MABI SAKO (Ketua Tanfidziyah MWC NU), Wakil Ketua MABI SAKO (Ketua MWC LP MAARIF NU Kecamatan), Ketua, Sekretaris, Bendahara SAKO MWC,” tuturnya.

Baca Juga:  Luar Biasa! MA Putri Nurul Masyithah Adakan Lomba Cerdas Cermat Aqidatul Awam

PC SAKO Pramuka Ma'arif NU Lantik SAKO MWC Kabupaten LumajangIa melanjutkan selain pelantikan, ada agenda tambahan yaitu penyerahan penghargaan Lomba Cover Sholawat dan dilanjut materi Orientasi MABI serta Sosialisasi Manajemen pengelolaan SAKO.

“Setelah pelantikan kami juga menyerahkan penghargaan lomba kemarin, setelah itu materi Orientasi untuk Majelis Pembimbing dan sosialisasi, kami juga memfasilitasi yang tidak bisa hadir dengan melakukan siaran secara Virtual,” lanjutnya.

Sementara Ketua PC SAKO Rokhmad, S.Ag, MA, menyampaikan MABI tersebut dibentuk untuk menaungi Pramuka yang berada di sekolah maupun Madrasah, dan setiap guru wajib menjadi pembina, mahir atau tidak Pramuka, supaya jelas SAKOnya.

“Pada semester genap pengurus SAKO mau mengadakan Kursus Mahir Dasar (KMD), Sehingga para guru yang tidak mahir pramuka bisa mendaftarkan di SAKO untuk KMD dan bisa ditindaklanjuti dengan Kursus Mahir Lanjut (KML),” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa dirinya beserta pengurus SAKO akan mengawal untuk kursur sampai kursus mahir lanjut. sehingga nanti akan mengetahui seberapa jauh atau seberapa butuh pramuka itu bergerak.

PC SAKO Pramuka Ma'arif NU Lantik SAKO MWC Kabupaten Lumajang“Di samping itu pula karna banyaknya kegiatan-kegiatan baik itu di Kwartir Cabang maupun SAKO tahun 2021 ini, insyaallah akan dibahas program yang mau diikuti dan untuk penghargaan tingkat MWC sama dengan tingkat Ranting, nilai dan piagamnya sama,” tambahnya.

Ia melanjutkan bahwa sejak tahun 2019 sudah meraih 2 prestasi, dan akan akan tetap berusaha untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Baca Juga:  Tahun Ajaran Baru, Ma'arif NU bersama LPNU Lumajang Cetak Buku Tulis Nuansa NU

“Alhamdulillah tahun 2019 awal sudah meraih 2 prestasi semuanya juara satu yaitu Aswaja sama yel-yel dan insyaallah terus berlanjut di kegiatan yang lain,” lanjutnya.

Harapannya semoga bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi, dan juga MABI dan pengurus SAKO dapat bersinergi.

“Maka dari itu kami mengharap kepada semua MABI dan pengurus SAKO untuk berkumpul dulu sebelum pulang, karna akan ada materi Orientasi MABI serta Sosialisasi Manajemen pengelolaan SAKO untuk memberikan wawasan kepada MABI dan SAKO,” harapnya.

Oleh : El shofa