LPBI NU Lumajang Lakukan Terapi Psikososial Puluhan Anak Korban Erupsi Semeru

oleh -

 

LUMAJANG-OR.ID, Candipuro. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Lumajang melakukan trauma healing kepada anak-anak korban erupsi Gunung Semeru pada Rabu (16/12/2020) di Desa Jugosari Kecamatan Candipuro untuk menghilangkan rasa takut dan trauma berlebihan akibat bencana erupsi Semeru.

Trauma healing ini dilakukan mulai pukul 15.30 sampai 17.30 WIB dipimpin langsung oleh Relawan LPBI NU Lumajang yang ahli dalam bidang psikolog Rofiqotul Izzah Nur Ilmiyah, S.Psi dengan mengajak bermain bersama sekitar 30 anak-anak korban erupsi dan diikuti oleh tim NU Peduli Semeru lainnya.

Baca Juga:  Satgas NU Peduli Covid-19 Lumajang Salurkan Santunan Pada Pengurus Masjid

Rofiqotul Izzah Nur Ilmiyah, S.Psi mengaku tidak menemukan trauma berat pada kebanyakan anak dilokasi bencana yang disebabkan erupsi Semeru.LPBI NU Lumajang Lakukan Trauma Healing Puluhan Anak Korban Erupsi Semeru

“Alhamdulillah saya berkesempatan melakukan kunjungan pertama dan setelah melakukan pengamatan terhadap anak-anak di Desa Jugosari secara garis besar saya belum menemukan adanya trauma psikologis yang berarti pada anak yang disebabkan oleh fenomena erupsi Semeru,” ungkapnya.

Baca Juga:  Murah, Rapid Test di Klinik NU Lumajang Hanya 110 Ribu

Ia mengingatkan warga jika dalam beberapa bulan kedepan terjadi ketakutan berlebih dalam diri anaknya terhadap hal-hal yang berhubungan dengan gunung maka bisa dikonsultasikan.

Untuk menggali Trauma tidak bisa sesaat setelah bencana, butuh dilihat lagi pasca bencana, jika dalam kurun waktu 1-3 bulan ke depan ada anak-anak yang  merasa takut mendengar suara erupsi, takut ke gunung atau semacamnya bisa dikonsultasikan lebih lanjut,” pungkasnya.