Evaluasi NU Peduli Erupsi Semeru, PCNU dan LPBI NU Lakukan Koordinasi

oleh -

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (PCNU dan LPBI NU) Lumajang menghadir Posko 1 NU Peduli Erupsi Semeru di Lapangan Kamar Kajang, Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang, pada Senin malam (07/12/20).

Ketua PCNU mengumpulkan segenap elemen dan sektor internal NU lintas lembaga dan badan otonom yang selama ini ikut aktif di lapangan dalam menangani bencana alam.

“Kami melakukan konsolidasi dan mengsinergikan gerak dari seluruh elemen yang ada untuk membangun relasi kinerja bersama dengan pemerintah dan tim lain sesama relawan,” jelasnya.

Ia mengatakan, malam ini datang untuk yang kedua kalinya bersama Rais yang datang menyusul.

Ketua PCNU Lakukan Evaluasi Tim NU Peduli Semeru

“Kami hadir dan mengawali pertemuan dengan bacaan istighotsah, kami menegaskan dan menyerukan kepada segenap warga, terutama di sekitar lokasi bencana, untuk meningkatkan munajat dan istighotsah,” ungkapnya.

Gus Mas’ud memaparkan, harus ada ikhtiar bathin, memohon kepada Allah. Dengan harapan agar diselamatkan dan bencana ini tidak memakan banyak korban, segera berakhir dan diganti dengan keberkahan.

Baca Juga:  Dua Kiai Kharismatik Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, PCNU: Kami Sangat Gembira

“Gunung Semeru adalah makhluk sedangkan penciptanya adalah Allah SWT. Sudah sepatutnya istighotsah dan munajat kita panjatkan kepada sang penciptanya yaitu Allah SWT,” imbuhnya.

Gus Mas’ud menyarankan untuk tidak membagi sendiri bantuan kepada masyarakat, karena Tim NU Peduli bekerja dan bergerak dengan koordinasi tim yang ada di Kabupaten.

“Kami mengharapkan kepada seluruh jejaring NU yang menyalurkan bantuan, bisa mendistribusikan melalui pos resmi NU Peduli yang di Sumberwuluh dan Supiturang, agar bantuan tidak salah sasaran,” himbau Ketua PCNU.

Evaluasi Tim NU Peduli Semeru

Ketua PCNU Lumajang mengapresiasi Tim NU Peduli yang telah mengorbankan segala tenaga, waktu dan seluruhnya untuk kerja sebagai relawan dalam bencana ini.

“Kami akan menerima bantuan dari berbagai pihak, malam ini kami menerima bantuan dai PCNU Kencong, kami ucapkan terima kasih,” pungkasnya.

Baca Juga:  Ketua PWNU Jawa Timur: Dua Hal ini Harus Diwujudkan NU Lumajang

Ketua PC LPBI NU Ridwan Majid membenarkan kabar tersebut, PCNU dan PC LPBI NU Lumajang melakukan evaluasi dalam penanganan membantu warga terdampak erupsi Semeru.

“Kami mengevaluasi mengenai soliditas Tim NU Peduli Semeru, semua tim menjaga secara bergilir sesuai jadwal,” tuturnya.

Ia menjelaskan, sejak hari pertama erupsi, NU Peduli Semeru telah melakukan berbagai hal, antara lain pengumpulan data, assesment, mitigasi
dan observasi dalam menyalurkan bantuan secara tepat sasaran pada warga yang ada di dua desa terdampak.

“Dua desa terdampak yaitu Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro dan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo, dalam hal ini kami juga beesinergi dengan pemerintah di bawah komando BPBD Lumajang,” terangnya.

Ia berharap, semoga Allah SWT segera memberikan situasi normal seperti sedia kala dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasanya.