Erupsi Semeru Menurun, LPBINU Lumajang Himbau Warga Tetap Mengungsi

oleh -

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Pronojiwo. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Lumajang menghimbau kepada warga agar tetap waspada dan tetap berada di pengungsian meskipun hari ini Rabu (2/12/2020) aktifitas Erupsi Gunung Semeru menurun.

Ketua LPBINU Lumajang A. M. Ridlwan mengatakan berdasarkan data Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang aliran lava Semeru sudah pada jalurnya.

Baca Juga:  Perbaiki Pengelolaan Zakat, LAZISNU Gelar Bimtek UPZISNU Kecamatan Padang

“Berdasarkan Informasi dari Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang, jumlah guguran lava pijar tidak banyak seperti biasanya, dan guguran lava mengalir sesuai jalur yaitu mengalir di sungai, hanya saja komposisinya banyak sehingga menumpuk sampai setinggi 40-50 meter, sedangkan Abu tidak terlalu signifikan, hanya tipis saja,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalu pesan WA.

Baca Juga:  Satgas NU Peduli Covid-19 Lumajang Salurkan Santunan Pada Pengurus Masjid

Ia menghimbau bagi seluruh warga agarvtetap waspada dan sebisa mungkin tetap berada di kamp pengungsian yang disediakan menunggu kondisi benar-benar pulih sepenuhnya.

“Kami menghimbau masyarakat agar mengungsi terlebih dahulu meskipun aktifitas Semeru menurun, sebab situasi belum memungkinkan dan sangat membahayakan jika terjadi hujan lebat bisa terjadi lahar dingin yang juga sangat berbahaya,” ungkapnya.