PC Fatayat NU Berupaya Wujudkan Pengolahan Sampah dan RTH di Tiap Ranting dan PAC

oleh -dibaca 37 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU Lumajang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang untuk mewujudkan pengolahan sampah dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di setiap Ranting dan PAC, pada Senin (16/11/20).

Bertempat di Kantor DLH, PC Fatayat NU Lumajang diterima langsung oleh Kepala DLH Yuli Harismawati, S.P.

Ketua PC Fatayat NU Lumajang Lailatul Qodriyah menyampaikan terima kasihnya karena telah disambut baik oleh pihak DLH.

“Kami diberi penjelasan tentang beberapa program yang selama ini dilakukan oleh DLH, antara lain pengelolaan sampah dan RTH,” tuturnya.

Baca Juga:  Ringankan Beban Warga, Upzis-Fatayat-Muslimat Kandangtepus Berikan Bantuan Sembako

Ia melanjutkan, pengelolaan sampah yang dilakukan oleh DLH berusaha untuk mencapai 3R yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang), sehingga sampah bisa bernilai lebih ekonomis.

“Sesuai yang disampaikan pihak DLH, saat ini DLH berkomitmen untuk membentuk bank sampah lebih menyeluruh, sehingga nanti pengelolaan sampah lebih teratasi,” ungkapnya.

Audiensi PC Fatayat NU Lumajang dengan Dinas Lingkungan Hidup Lumajang

Ia menjelaskan, PC Fatayat NU Lumajang ingin melakukan kerja sama dengan DLH untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah.

Baca Juga:  PAC dan 6 Ranting Fatayat NU Sumbersuko Dilantik

“DLH menginformasikan bahwa saat ini masih ada 2 lokasi percobaan tempat pembuangan sampah yang sudah sesuai dengan 3R, yaitu di Dawuhan dan Yosowilangun,” lanjutnya.

Neng Laila berharap, Fatayat NU dapat bergerak hingga ke tingkat ranting dan desa untuk merealisasikan program pengelolaan sampah dan RTH tersebut.

“Masyarakat akan kami ajak untuk mengolah sampah yang tidak terpakai manjadi barang atau sesuatu yang lebih bernilai,” pungkasnya.