JQH NU Lumajang Gelar Khotmil Qur’an dan Naharul Qiro’ah

oleh -dibaca 80 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDKunir, Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadz (JQH) Lumajang menggelar Khotmil Qur’an bil Ghoib dan Naharul Qiro’ah di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jln. Pertanian Nomor 27 Sukorejo Kunir, pada Selasa (10/11/20).

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua PC JQH NU Lumajang, Ketua PAC JQH NU Kunir, Ketua Ranting NU Sukorejo dan segenap Staf Desa Sukorejo.

Gus Muhammad Ilyas selaku Ketua Cabang JQH NU Lumajang dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini adalah kegiatan paling istimewa yang pernah diadakan oleh JQH NU Lumajang.

“Karena ada dua program Devisi JQH NU yang dilaksanakan dalam satu waktu, yakni Naharul Qiro’ah dan Khotmil Qur’an bil Ghoib, “imbuhnya.

Ia menjelaskan, manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk menjaga hafalan para Hafidzul Qur’an.

Baca Juga:  Satgas NU Peduli Covid-19 Kunir Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Malam Hari

“Bagi para Qori’, kegiatan ini juga berguna untuk melatih kefasihan lisannya untuk melantunkan kalamullah,” imbuhnya.

Gus Ilyas berterima kasih kepada pihak pesantren
karena telah menerimanya untuk mengadakan kegiatan.

“Terima kasih juga kepada seluruh panitia yang merelakan waktunya mensukseskan kegiatan ini, saya yakin ini adalah tugas yang sangat berat, karena ada dua kegiatan dalam satu waktu,” terangnya.

Ia berharap, semoga dengan kegiatan ini Ponpes Miftahul Ulum semakin jaya, berkembang dan terus mampu mensyiarkan Al-Qur’an di segala elemen masyarakat.

Ketua Panitia Lukman Hakim menyatakan, kegiatan dilakukan dalam rangka memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan mensyiarkan Al-Qur’an di segala elemen masyarakat.

Baca Juga:  Kiai Hamid: JQH NU dikira Aliran Baru

“Ada dua kegiatan, yaitu Naharul Qiro’ah yang diikuti oleh kurang lebih 50 Qori’-Qoria’ah yang bertempat di Aula Ponpes,” tuturnya.

Ia melanjutkan, Khotmil Qur’an bil Ghoib diikuti oleh 75 Hafidz-Hafidzah yang ditempatkan di dua puluh lima titik di sekitar Desa Sukorejo.

“Masyarakat di sekitar sini sangat antusias dengan kegiatan seperti ini, dapat kita lihat dari begitu banyaknya hafidz-hafidzah yang diterima di beberapa rumah masyarakat,” ungkapnya.

Lukman mengatakan, acara ini bukan hanya untuk mengharap Syafaat Nabi, akan tetapi juga agar masyarakat terhindar dari segala macam musibah termasuk yang kita alami sekarang, pandemi Covid-19.

Oleh : Rofiq