Ketua PCNU Lumajang : 10 November Puncak Hari Santri Sesungguhnya

oleh -dibaca 24 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajamg merayakan Puncak Hari Santri Nasional (HSN) 2020 di Gedung 2 PCNU Jln. Musi 9 Sumberejo Sukodono Lumajang, pada Selasa (10/11/20).

Hadir dalam acara tersebut PCNU Lumajang, PC Lesbumi, PC Lakpesdam, Pemateri Bedah Buku dan segenap pemenang lomba rangkaian HSN 2020.

Ketua PCNU Lumajang Gus Moh. Mas’ud, S.Ag., M.A. mengatakan ini merupakan puncak rangkaian HSN yang diwali dengan istighotsah virtual bersama dengan jejaring MWC NU Se-Kabupaten Lumajang.

“Kemudian acara berturut-turut, antara lain lomba Festival Al-Banjari yang diikuti MWC NU Se-Kabupaten Lumajang dan Santripreneur Award,” jelasnya.

Baca Juga:  Warisan Laskar Diponegoro, Inilah Sejarah Singkat Masjid Agung KH. Anas Mahfudz Lumajang

Ia menyatakan, puncak peringatan HSN sengaja dilaksanakan pada pada 10 November, karena bertepatan dengan Hari Pahlawan.

“Sesungguhnya, Hari Santri itu pada 10 November ini, karena pecahnya 10 November diawali dan dipicu oleh Resolusi Jihad yang ditandatangani Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari,” terangnya.

Gus Mas’ud menjelaskan, Tanpa Resolusi Jihad, tidak mungkin umat Islam bersatu padu, rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk mengusir musuh dari agresi militer.

“Semuanya kompak bersatu, baik barisan Kiai, barisan Sabilillah, barisan Hizbullah, semuanya bergerak karena komando dari Resolusi Jihad,” imbuhnya.

Baca Juga:  Petugas Satgas NU peduli Covid-19 Lumajang Jalani Rapid Test

Ketua PCNU melanjutkan, Bung Tomo juga telah diberi pesan oleh Mbah Hasyim Asy’ari untuk berorasi dan mengucapkan Takbir.

“Mudah-mudahan puncak dari peringatan HSN ini menjadi inspirasi bagi segenap santri untuk mempersiapkan An-Nahdloh Tsaniyah, kebangkitan NU yang kedua,” harapnya.

Baginya, kebangkitan NU bukan berasal dari PBNU, PWNU atau pun PCNU.

“Kebangkitan NU tergantung pada para santri yang mahir dalam enterpreneur, para santri yang paham keilmuan, para santri yang punya pergerakan yang kuat dari bawah,” pungkasnya.