PAC GP. Ansor Tekung Gelar Diklatsar Banser

oleh -dibaca 270 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDTekung, Pengurus Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP. Ansor) Tekung menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di MI Nurul Islam Wonokerto, pada Jum’at (30/10/20) sampai Ahad (01/11/20).

Ketua PAC GP. Ansor Muhammad Robitho menyatakan, agenda ini telah lama direncanakan, namun terekendala dengan pandemi.

“Semula kegiatan ini akan kami laksanakan 10 April 2020 yang lalu, namun pada akhir Maret Presiden mengeluarkan maklumat terkait pandemi, maka terpaksa harus kami tunda,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, karena ditunda, segala persiapan tersebut dialihkan untuk giat sosial Covid-19, mulai dari penyemprotan disinfektan, penyuluhan dan lainnya.

Baca Juga:  Pimpin Ranting Ansor Wonorejo, Hafizuddin Ajak Pemuda Menjadi Panutan Kaum Millenial
Peserta Diklatsar Banser

Lelaki yang akrab disebut Cak Robith itu mengungkapkan, terdapat 107 peserta dari 12 PAC GP. Ansor Se-Kabupaten Lumajang yang registrasi hingga hari pertama pelaksanaan.

“Ini melebihi target panitia yang menginginkan 100 peserta, namun yang ikut baiat atau lulus berjumlah 100 peserta,” jelasnya.

Cak Robith mengatakan, Diklatsar ini untuk membentuk Kader yang militan idiologis, berkarakter, berdedikasi dan berintegritas tinggi.

“Juga membentuk Kader yang memiliki kecakapan mengelola organisasi dan profesionalitas dalam bidang-bidang tertentu,” lanjutnya.

Ia menambahkan, Diklatsar juga bertujuan membentuk Kader yang memiliki kapasitas kepemimpinan gerakan demi menemukan cita-cita organisasi dan perjuangan para Ulama NU.

Baca Juga:  PAC Ansor, Lazisnu dan IPNU-IPPNU Tempeh Semprot Disinfektan Covid-19 di 16 Tempat

“Hal ini juga menjadi kesempatan untuk inventarisasi Kader sebagai bagian proses untuk estafet kepemimpinan dalam oeganisasi,” paparnya.

Cak Robith berharap, semoga dari 100 peserta yang dinyatakan lulus melaui proses yang sangat luar biasa ini, selalu mampu menjaga kekompakan.

“Meski baru pertama kali di Kecamatan Tekung, Pelatih Satkorwil Jatim Komandan Misbahul Ulum sangat mengapresiasi kegiatan ini, beliau puas dan mengatakan bahwa ini adalah Diklatsar yang sesungguhnya,” pungkasnya.

Peserta Diklatsar Banser dari 12 Kecamatan Se-Kabupaten Lumajang