MWCNU Randuagung Gelar Upacara Hari Santri Nasional

oleh -dibaca 69 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Randuagung – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Randuagung menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020 di Halaman Kantor setempat, Selasa (22/10).

Acara yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Pengurus, Lembaga dan Badan Otonom di lingkungan MWCNU Randuagung termasuk hadir pula dari jajaran Forkompimca.

Dalam upacara HSN tersebut, seluruh peserta upacara dan petugas upacara berbusana santri khusus untuk laki-laki menggunakan kain sarung dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Bupati Lumajang: Pesantren Menjadi Solusi Pendidikan Ditengah Pandemi

Banser menjadi Petugas upacara sedangkan pengibar bendera Merah Putih diambil dari Kader IPNU dan IPPNU sedangkan untuk Paduan Suara dari Fatayat NU.

Dalam sambutanya, Ketua MWCNU Randuagung H.M. Lutfi, S.Ag selaku inspektur upacara memberikan amanat pentingnya mengetahui sejarah yang terkandung dalam peringatan Hari Santri Nasional.

“Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.” jelasnya.

Baca Juga:  Cak Thoriq Lepas Puluhan Peserta Giat Santri Nusantara Jatim Satu

Ia menambahkan bahwa Resolusi jihad harus dimaknai oleh santri Indonesia dalam menolak segala bentuk sifat anarkis, radikalis, terorisme dan sikap maupun perbuatan intoleran demi menjaga keutuhan bangsa.

“Saya berpesan, jangan sampai ada faham radikal yang mengatasnamakan agama untuk memecah belah keutuhan kita dalam berbangsa dan bernegara” ungkapnya.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Katib Syuriah MWCNU Randuagung KH. Moh. Kholil Abdy.