JQHNU Lumajang Gelar Khotmil Serentak dengan Model Kavling

oleh -dibaca 2 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Pengurus Cabang (PC) Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Lumajang menggelar Khotmil Qur’an serentak di beberapa kecamatan di Kabupaten Lumajang pada Ahad (18/10/2020) dalam rangka peringatan hari santri nasional.

Majelis Khotmil Qur’an yang tersebar di 19 Kecamatan dengan target minimal satu majelis perkecamatan ini sengaja ditawarkan kepada masyarakat jauh-jauh hari dengan model Kavling Qur’an dan bersifat terbuka bagi siapa pun.

JQHNU Lumajang Gelar Khotmil Serentak dengan Model Kavling
Sebanyak 20 tempat kavling yang tersebar di 19 Kecamatan

Wakil Ketua PC JQHNU Lumajang bidang tahfidz Hasan Farisi, S.Pd menuturkan kavling Al-Qur’an ini sengaja ditawarkan kepada masyarakat agar dapat ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut dan lebih mensyiarkan Al-Qur’an.

“Karena Kegiatan ini serentak, maka kami buat model Kavling Al-Qur’an yang artinya siapapun boleh dan bisa mengambil untuk kemudian di tempati majelis Khotmil, ini sudah berjalan kedua kalinya dan alhamdulillah pada kali ini ada 20 kavling yang tersebar di seluruh kecamatan kecuali Tempursari dan Pronojiwo,” ungkap pria yang akrab disapa Farisi ini. JQHNU Lumajang Gelar Khotmil Serentak dengan Model Kavling

Baca Juga:  KH. Saifullah Ma'shum : Al-Qur'an Sebagai Solusi Meminimalisir Dampak Negatif Handphone

Ia menambahkan karena masih suasana pandemi Covid-19 acara Khotmil Qur’an Serentak ini dilakukan sebagai ganti dari Khotmil Qur’an Massal berpotensi menimbulkan kerumunan masa. JQHNU Lumajang Gelar Khotmil Serentak dengan Model Kavling

“Acara ini merupakan ganti dari acara Khotmil Qur’an Massal karena masih pandemi, Bedanya kalau massal para huffadz kami kumpulkan di satu tempat di satu kecamatan yang kemudian kami sebar ke beberapa majlis di kecamatan tersebut, sedangkan model serentak, para huffadz langsung menuju majelis yang ada di setiap kecamatan dan kami sesuaikan dengan jarak tempuhnya,” jelasnya. JQHNU Lumajang Gelar Khotmil Serentak dengan Model Kavling

Salah seorang hafidz Qur’an peserta Khotmil Qur’an, Didik Nur Hadi mengaku senang dengan adanya kegiatan ini, karena dapat memupuk semangatnya untuk menjaga hafalan Qur’an dan meningkatkan kualitas bacaannya.

JQHNU Lumajang Gelar Khotmil Serentak dengan Model Kavling
Pembacaan tawassul dan kirim doa untuk ahli Qubur sebelum Khotmil Qur’an dimulai

“Alhamdulillah, saya sangat senang dengan kegiatan seperti ini, karena yang pasti semangat saya untuk menjaga hafalan selalu terjaga, dan dengan kumpul bersama teman hafidz lainnya saya bisa banyak belajar dan terus memperbaiki kualitas hafalan dan bacaan saya,” ucapnya.

Baca Juga:  Rayakan Harlah NU ke-97, PCNU Lumajang Ziarah ke Makam Muassis
JQHNU Lumajang Gelar Khotmil Serentak dengan Model Kavling
Tampak Masyarakat juga ikut menyimak Hafidzah yang sedang membaca Al-Qur’an

Senada dengan Didik, ketua PC JQHNU Gus Muhammad Ilyas, M.Pd juga mengungkapkan acara Khotmil Qur’an seperti ini perlu di lakukan untuk wadah para penghafal Al-Qur’an di Kabupaten Lumajang.

“Selain untuk mensyiarkan, acara semacam ini juga bertujuan untuk menjadi wadah para huffadz Lumajang agar bisa ngaji dan nderes, dan yang paling penting adalah memasyarakatkan Al-Qur’an,” ujar pengasuh asrama Madinatul Qur’an Pon Pes Syarifuddin Wonorejo tersebut.

Ketua PC JQHNU Lumajang saat turut serta di acara Khotmil Qur’an serentak

Ia berharap kedepan khotmil Qur’an serentak ini bisa menjangkau kecamatan yang medannya sulit dan jauh seperti Kecamatan Tempursari dan Pronojiwo.

“Untuk Kecamatan Tempursari dan Pronojiwo kami belum terkoneksi dengan para huffadz yang ada di sana, ini merupakan PR buat kami kedepan untuk menjangkau dan mengcover huffadz yang ada disana,” pungkasnya.