Perbaiki Pengelolaan Zakat, LAZISNU Gelar Bimtek UPZISNU Kecamatan Padang

oleh -dibaca 55 orang

 

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Padang. Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Lumajang menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) kepada Unit Pengelola Zakat Infaq dan Shodaqah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Padang pada Sabtu (10/10/2020).

Bimtek yang diadakan di MI Tuhfatuth Tholibin Desa Tanggung Padang ini dihadiri oleh pengurus Ranting NU dan pengurus UPZISNU tingkat ranting dari seluruh desa yang ada di Padang serta tim dari PC LAZISNU Lumajang.

Direktur eksekutif PC LAZISNU Lumajang Mohammad Rofiul Ulum menuturkan Bimtek ini untuk menata kembali kepengurusan UPZISNU dan memperbaiki pengelolaan zakat agar benar-benar aktif hingga tingkat ranting.

“Kita agendakan seluruh kecamatan untuk diadakan Bimtek, untuk waktunya setelah kunjungan PCNU, karena ini tindak lanjut dari kegitan Ngopeni Organisasi (NGOPI) yang diadakan PCNU, tujuannya menata dan mengaktifkan lagi UPZIS di tingkat kecamatan hingga ranting serta perbaikan pengelolaannya juga,” ungkap pria yang akrab disapa Rofi’ tersebut.

Baca Juga:  Kiai Munsif: PMII Lahir Sebagai Wadah Khusus Mahasiswa NU

Ia menambahkan PC LAZISNU Lumajang akan terus memberi pendampingan-pendampingan hingga UPZISNU di tingkat Kecamatan benar-benar aktif.

“Setiap kecamatan kita hanya akan adakan satu kali Bimtek, namun kita akan terus mendampingi setiap UPZSINU hingga benar-benar berjalan, target kita minimal ada dua UPZSINU tingkat ranting di setiap kecamatan yang sudah sehat pengelolaannya,” imbuhnya.

Sekretaris UPZISNU Padang Anik Karomah mengaku sangat bersyukur dengan adanya Bimtek ini, karena dapat memberi kejelasan mengenai beberapa tekhnis pengelolaan zakat.

Baca Juga:  Selamat, Upzis MWC NU Tempeh Beroperasi

“Ini sangat bermanfaat sekali karena dengan adanya bimtek ini kita dapat mengetahui beberapa tekhnis lebih jelas dan akurat dan Alhamdulillah tadi juga dibentuk pengurus UPZISNU ranting dan pemantapan ranting yang sudah terbentuk,” jelasnya.

Perbaiki Pengelolaan Zakat, LAZISNU Gelar Bimtek UPZISNU Kecamatan Padang
Peserta Bimtek saat mengikuti jalannya acara dengan seksama

Setelah Bimtek ini, ia bersama pengurus UPZSINU Padang lainnya akan membentuk beberapa program dan menjalankan agenda yang telah direncanakan.

“Setelah ini ada beberapa agenda yang akan kami lakukan, diantara pembuatan SK pengurus, Turba kebeberapa pengelola di tingakat ranting, memperbaiki administrasi agar lebih baik dan transparan juga penentuan beberapa program,” pungkasnya.