Masukkan Data Simasnu, PC LTM NU Lumajang Verifikasi Masjid Se- Kecamatan Kedungjajang

oleh -dibaca 106 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDKedungjajang, Pengurus Cabang Lembaga Takmir Masjid Nadhlatul Ulama (PC LTM NU) Kabupaten Lumajang turun lapangan ke Masjid Se-Kecamatan Kedungjajang, pada Ahad (20/09/20).

Sekretaris II LTM NU Lumajang Ustadz Nafik menyampaikan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah melakukan verifikasi masjid yang beramaliah NU.

“Skaligus menentukan alamat Url Masjid dalam Sistem Informasi Masjid Nadhlatul Ulama (SIMASNU),” tuturnya.

Ia mengatakan, pendataan ini adalah upaya LTM NU agar bisa diketahui mana masjid NU dan mana masjid yang bukan masjid NU.

“Pendataan hari ini adalah yang pertama di Kecamatan Kedungjajang, dan insyaallah akan kami lanjutkan Ahad depan untuk tahap keduanya,” ungkapnya.

Baca Juga:  PC LTM NU Lumajang Bentuk Pengurus MWC yang Terakhir

Ustadz Nafik menambahkan, jika proses pendataan ini selesai maka aplikasi SIMASNU bisa diunduh di Playstore, yang menyajikan informasi Masjid seluruh kabupaten Lumajang.

“Namun untuk saat ini masih belum dimasukkan, karena pendataan masjid NU masih proses pengerjaan,” imbuhnya.

Sementara Ketua Takmir Masjid Darussalam Kamiluddin mengatakan sangat setuju dengan program tersebut, karena melalui sistem informasi tersebut kita bisa mengetahui data riil setiap masjid.

“Karena jika program seperti itu tidak dilakukan, maka Masjid NU akan mudah dimasuki aliran selain NU,” ungkap pria asal Desa Bence Dusun Darungan tersebut.

Baca Juga:  Lalui Medan Sulit, LTM NU Lumajang Data Puluhan Masjid di Tempursari

Ketua Lembaga Takmir Masjid kecamatan Kedungjajang Ustad Muhammad Nur menyampaikan, ada sekitar 40 masjid yang didatangi oleh tim SIMASNU.

“Untuk mempercepat pendataan kami membagi tim menjadi empat, yakni tim satu di Desa Bandaran Tempursari, tim dua di Desa Jatisari, tim tiga di Desa Bence, dan tim empat di Desa Grobogan Kedungjajang,” jelasnya.

Harapannya, dari pendataan ini bisa membuat pangkalan data Masjid NU berbasis media yang bisa dilacak di internet.

“Sekaligus bisa memandu orang ketika bepergian ke Lumajang untuk menemukan masjid yang amaliyahnya Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyyah,” pungkasnya.

Oleh : El shofa