PAC IPNU IPPNU Klakah Bincang Kelestarian Hutan dengan Asper KBKPH

oleh -dibaca 110 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDKlakah, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PAC IPNU IPPNU) Klakah bincang kelestarian hutan dengan Asisten Perhutani Kepala Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (Asper KBKPH) Klakah Soegiharto Aries di Hutan Sumber Desa Papringan, pada Ahad (20/09/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Papringan Abdul Aziz dan Yuli Susanti selaku Pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), serta pelajar NU dari Randuagung.

Ketua PAC IPNU Klakah Masfiul Huda mengatakan, kegiatan tersebut merupakan acara Outbound yang diselingi dengan bincang santai dengan Asper KBKPH Klakah terkait pelestarian hutan dengan mempertahankan sumber mata air.

Baca Juga:  Hasil Konferensi, Ahmad Febri Pimpin PAC IPNU Kedungjajang

“Giat tersebut merupakan bentuk kepedulian serta penerapan hubungan baik antara IPNU dan IPPNU Klakah dengan alam sekitar,” ungkapnya.

Masfiul menambahkan, dalam perbincangan tersebut, banyak edukasi terkait pelestarian hutan dan mempertahankan sumber mata air, serta mengatasi kekeringan yang disampaikan oleh Asper KBKPH.

Aries berpesan pada pelajar NU agar turut serta berkomitmen menjaga kelestarian hutan dan berupaya mempertahankan sumber mata air yang menjadi kebutuhan masyarakat sekitar.

“Wawasan terkait pelestarian hutan dan mempertahankan sumber mata air sangat perlu untuk diberikan, guna mencegah terjadinya kekeringan yang sudah terjadi,” tuturnya.

Baca Juga:  Optimalkan Kaderisasi, MWC NU Gucialit Utus 13 Pemuda ke MAKESTA Raya 2019

Ia mengatakan, kekeringan yang sudah terjadi menimpa Desa Papringan, faktor kesulitannya adalah sumber mata air yang mati.

“Upaya untuk menangani kekeringan ini adalah dengan membuat Biopori atau cara sederhana untuk penyerapan air hujan dan juga membuat sumur resapan,” ungkapnya.

Selanjutnya Aries ingin bekerjasama dengan segenap Pelajar Nahdlatul Ulama Klakah, Kepala Desa Papringan, serta LMDH untuk melestarikan hutan dengan penanaman pohon.

Oleh : Baharudin Rois