Seriusi Gerakan Ekonomi, PCNU Launching KSPP Syari’ah BMT NU Jawa Timur Cabang Randuagung

oleh -dibaca 85 orang

Randuangung– Diakui atau tidak, besarnya basis massa NU yang melimpah belum dimanfaatkan dengan baik oleh stakeholders NU. Kondisi ini disadari secara serius oleh PCNU dengan upaya melakukan pemetaan potensi-potensi NU. Salah satunya adalah potensi ekonomi warga NU. Karenanya, Rabu pagi (12/9) bertempat di halaman kantor Majelis Wakil Cabang (MWC) Kecamatan Randuagung dilaksanakan launching Baitul Mal Wattamwil (BMT) NU Jawa Timur Cabang Randuagung.

Acara tersebut merupakan acara puncak dari rentetan peringatan Tahun baru Islam 1 Muharam 1440 H. Seperti diketahui, rentetan acara sebelum launching antara lain pelantikan pengurus Fatayat NU Randuagung dan pawai taaruf yang diikuti kurang lebih 4.000 peserta yang terdiri dari pengurus MWC, Muslimat, Anshor, Ranting NU dan lembaga pendidikan di bawah naungan Ma’arif Nahdlatul Ulama. Dimulai dari pukul 08.30 waktu setempat, kegiatan berlangsung khidmad dan dihadiri oleh jajaran FORKOPIMKA dan Pengurus BMT NU Jawa Timur.

Baca Juga:  Peletakan Batu Pertama Gedung NU 2 Lumajang di Mulai Hari ini

Dari data yang kami peroleh, Baitul Mal Wattamwil (BMT) NU Jawa Timur Cabang Randuagung merupakan BMT pertama yang ada di Lumajang. Dan tercatat sebagai cabang ke-45 di Jawa Timur. H. Lutfi selaku Ketua MWC NU Randuagung menuturkan bahwa untuk mempersiapkan manajemen hingga beroperasi saat ini, biaya yang dibutuhkan berkisar ratusan Juta Rupiah. “Sementara ini biaya yang sudah terealisasi untuk pembangunan BMT ini lebih dari 500 Juta Rupiah. Semoga ini menjadi sebuah Khidmad kepada Nahdlatul Ulama” Ujar beliau.

Apa yang berbeda dari BMT ini? Kelebihan dari BMT ini adalah adanya komitmen 10% keuntungan yang diberikan kepada NU. Adapun produk pembiayaan yang diberikan adalah Al- Qordlu Hasan, Murabahah, Bai’ Bitsamanil Ajil, Mudlarabah, Musyarakah, Rahn, Pembiayaan tanpa jaminan dan pembiayaan hidup sehat.

Baca Juga:  PC. IPNU-IPPNU Siap Gelar Makesta dan Lakmud

Gus Mas’ud, S.Ag., M.A sebagai ketua PCNU Kabupaten Lumajang menambahkan, bahwa BMT ini sangat bermanfaat bagi warga NU terutama dalam bidang ekonomi. Beliau berharap adanya BMT ini dapat menjadi pelopor perkembangan dan pemberdayaan ekonomi keummatan. Selanjutnya ia berharap bahwa usaha ini dapat berkembang dengan pesat. “BMT NU ini adalah solusi bagi warga NU. Saya berharap kedepan lembaga ini dapat tumbuh dan berkembang” Ujar Ketua PCNU yang akrab disapa Gus Ud.

Dalam acara tersebut, juga dilangsungkan penyerahan nota kesepakatan/MoU oleh Ketua BMT NU Jawa Timur kepada MWC NU Randuagung. Dilanjutkan dengan santunan anak yatim, pelantikan pengurus dan pelantikan PAC Fatayat NU Kecamatan Randuagung. (Yik/One)