Bangun Ketahanan Keluarga, PC Fatayat NU Lumajang Launching Program “Fatayat Tandur”

oleh -dibaca 58 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Pasrujambe. Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lumajang melaunching program “Fatayat Tandur” pada Sabtu (12/9/2020) di Dusun Plambang Desa pasrujambe Kecamatan Pasrujambe untuk membangun ketahanan keluarga.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua PC Fatayat NU Lumajang Lailatul Qodriyah, Ketua TP PKK Lumajang Musfarina Thoriq, anggota DPRD Lumajang dapil 4, jajaran pengurus MWCNU Pasrujambe, Camat Pasrujambe, Ketua PKK Kecamatan Pasrujambe, kepala desa Pasrujambe Sugianto, dan beberapa pengurus Banom dan Lembaga NU di Kecamatan Pasrujambe.

Lailatul Qodriyah menyampaikan launching program Fatayat Tandur ini bertujuan untuk membangun ketangguhan warga terlebih di lingkungan keluarga.

“Komitmen kami sahabat Fatayat NU, dengan program ini bisa menjadi penggerak dan teladan ketangguhan bagi perempuan lainnya di lingkungannya minimal bisa membuat tangguh keluarganya,” ujar perempuan yang juga anggota DPR Provinsi Jawa Timur tersebut.

Baca Juga:  Inilah Sembilan Program Unggulan PC Fatayat NU Lumajang Terlantik

Ia menambahkan launching program tersebut juga akan dilakukan di desa-desa yang lain di Kecamatan Pasrujambe dan Kecamatan lainnya.

“Program ini ditangani oleh bidang sosial Fatayat NU dengan harapan dapat menghijaukan Lumajang, kedepan program ini juga akan kami launching di desa lainnya di Kecamatan Pasrujambe dan di 21 Kecamatan lainnya di Lumajang,” imbuhnya.

Dilain kesempatan Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Musfarina Thoriq juga mengungkapkan ada dua program yang telah diluncurkan bersama Fatayat NU.

Bangun Ketahanan Keluarga, PC Fatayat NU Lumajang Launching Program "Fatayat Tandur"
Ketua TP PKK yang juga istri Bupati Lumajang saat mengisi sambutan

“Inovasi sinergitas PKK dengan warga dan Fatayat NU ini sangat menggembirakan, Sejak tahun 2018 kita sudah melaunching dua program bersama-sama, yaitu program Merak Berisik, program mengajak masyarakat untuk mengelola sampah plastik, dan kali ini program Fatayat Tandur untuk ketahanan keluarga melalui menanam di pekarangan agar ketahanan keluarga tidak bergantung dari luar,” tutur Istri Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, tersebut.

Baca Juga:  Muslimat-Fatayat Kandang Tepus Serahkan 10 Juta Untuk Pembangunan NU Center Senduro

Kepala Desa Pasrujambe Sugianto menyambut baik program ini dan berharap kerjasama yang terbangun bisa terus berlanjut.

Bangun Ketahanan Keluarga, PC Fatayat NU Lumajang Launching Program "Fatayat Tandur"
Kepala Desa Pasrujambe saat menyampaikan apresiasinya atas launcingnya program Fatayat Tandur

“Fatayat NU sangat luar biasa, sejak mulai berdirinya di Surabaya pada tahun 1950 terus berkembang hingga saat ini, kegiatannya sangat luar biasa selalu meningkatkan emansipasi wanita dan kesetaraan gender, sinergitas ini sangat penting dan ayo kita jaga terus kerukunan,” pungkasnya.