PC JQH NU Lumajang Gelar Khotmil Quran Serentak

oleh -dibaca 106 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDKedungjajang, Pengurus Cabang Jam’iyyatul Qurro Wal Huffadz (JQH) Nahdlatul ulama (NU) Lumajang menggelar khotmil Quran serentak se-Kabupaten setempat, Minggu (30/08/20).

Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75.

Menurut Ketua JQH NU Lumajang Muhammad Ilyas M.Pd., kegiatan Khotmil Quran ini digelar secara berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Biasanya Khotmil Quran ini dilaksanakan secara terpusat di tempat tertentu, karena pandemi ini, kami lakukan secara terpisah dengan menyebar di tiap kecamatan,” ungkap salah satu Pengasuh Ponpes Kiai Syarifuddin Wonorejo Lumajang ini.

Ia mengatakan, Kegiatan khotmil Quran ini mendapat sambutan baik dari para pengurus JQH NU Lumajang. Dari 21 kecamatan, ada 23 majelis khotmil Quran.

Baca Juga:  Kalahkan Mashurdi, Muhamad Rofi'i Terpilih Ketua Ranting Ansor

“Seperti di Kecamatan Ranuyoso dan Kecamatan Padang, ada dua majelis penyelenggara Khotmil Quran,” lanjut Gus yang membina Tahfidz Quran Ponpes Kiai Syarifuddin.

Gus Ilyas menuturkan, Khotmil Quran ini dimulai sejak pukul 4 pagi hingga pukul 3 sore. Bahkan, ada beberapa lokasi yang selesai lebih dahulu.

“Karena ada beberapa lokasi, peserta Khotmil Quran berjumlah 4 orang di tiap lokasinya,” timpalnya.

Ia mengungkapkan, rencananya kegiatan Khotmil Quran ini akan diselenggarakan setiap bulan dengan berpindah-pindah tempat di Lumajang.

“Semoga acara khotmil Quran ini menjadi awal mula dalam menyelenggarakan pembacaan Khotmil Quran serentak. Nantinya, acara seperti ini menjadi istiqomah,” paparnya.

Baca Juga:  Kuatkan Karakter, Tim Tartila Berikan Sanad kepada 76 Guru Binaanya

Ketua JQH NU itu berharap, dari Khotmil Quran ini segala musibah yang menerpa Bangsa Indonesia segera lenyap. Terutama pandemi virus Corona.

“Semoga Allah segera mengangkat ujian berat ini. Sehingga pandemi segera berlalu,” tegasnya.

Gus Ilyas mengatakan, agar Khotmil Quran ini lebih afdol, ke depan JQH berharap ada kerjasama dengan pemerintah setempat. Pelaksanaan Khotmil Quran bisa diselenggarakan di kantor-kantor Kecamatan se-Lumajang.

“Kalau melaksanakan Khotmil Quran di Masjid itu sudah biasa. Akan menjadi luar biasa, jika Khotmil Quran dilaksanakan di kantor-kantor pemerintah guna mengebyar kalam suci Al-quran,” pungkasnya.

 

Pewarta : Ahmad Arifulin Nuha