PC Lazisnu Lumajang Launching Yatim Smart dan Santuni Anak Yatim

oleh -dibaca 60 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sadaqah (PC Lazisnu) Lumajang melaunching Yatim Smart pada Sabtu (29/08/20), di Gedung PCNU I Alun-Alun Timur Lumajang.

Ketua PC Lazisnu Lumajang Khoiruddin menuturkan bahwa pada kegiatan tersebut dihadirkan pula sebanyak 40 Anak Yatim.

“Target kami sebenarnya menghadirkan 100 Anak Yatim, namun karena tempat kurang memadai, kami hanya bisa meghadirkan 40 anak dari masing-masing Ranting NU,” jelasnya.

Ia melanjutkan, Lazisnu akan membuat sebuah aplikasi Yatim Smart yang memberikan layanan bagi Donatur untuk membiayai Anak Yatim.

Baca Juga:  Siap Bangun Kemandirian, MWC NU Padang Bentuk Pengurus Upzis Lazisnu

“Jadi nanti di sistem itu terlihat dan terdata dengan jelas Donatur beserta Anak Yatim yang dibiayai, sehingga dapat dideteksi dengan mudah,” paparnya.

Ketua PCNU Lumajang Gus Moh. Mas’ud S.Ag., MA. memaparkan bahwa Anak Yatim yang harus diasuh adalah mereka yang masih belum aqil baligh.

“Kalau Anak Yatim sudah tumbuh dewasa dan bisa membiayai hidupnya sendiri itu tidak wajib untuk dibiayai dan diasuh,” jelasnya.

Ia pun mengatakan, Nahdlatul Ulama perlu harus mengasuh Anak Yatim untuk mengantar mereka pada ajaran Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Baca Juga:  Upzisnu Bedayu Talang Bantu Biayai Pengecatan Masjid Darul Hikmah Purut

“Maka dari itu NU punya Lazisnu untuk memanajemen itu semua, agar anak-anak kita tidak diasuh oleh orang yang salah dan kemudian menjadi musuh NKRI,” terangnya.

PC LPBI NU pun ikut andil dalam menjaga protokol kesehatan di lokasi atau pun yang harus digunakan oleh audien.

“Kami mensterilkan lokasi, kemudian juga mengecek protokol kesehatan para audien, mulai dari masker, cek suhu, hingga penyemprotan hand sanitizer,” ungkap Ketua PC LPBI NU Lumajang Ahmd Ridwan.