Angkat Tema Kebhinekaan, Warga NU Gelar Upacara di Situs Kandangan Senduro

oleh -dibaca 179 orang

Lumajang– Momentum HUT RI-Ke 73 diperingati dengan baik oleh warga Nahdlatul Ulama dengan menggelar uapacara bersama. Kali ini, kegiatan upacara diselenggarakan di Situng Silogending Desa Kandangan Kecamatan Senduro Lumajang dengan dihadiri kurang lebih 300 peserta.

Pemilihan tempat situs Silogending bukan tanpa alasan, disanalah potret kebhinnekaan itu diwujudkan dengan baik. “Pemilihan tempat ini menjadi diskusi menarik saat warga NU Senduro berencana melakukan upacara. Salah satu alasannya, adalah harapan mewujudkan dan mensounding kebhinekaan di tengah carut marut politik identitas belakangan ini” Tutur Imron Jalil, Ketua Panitia kegiatan tersebut.

Baca Juga:  LPNU dan MI Miftahul Ulum Selok Gondang Menggelar Bazaar

Wujud nyata dari kebersamaan itu juga ditandai dengan banyaknya kalangan yang hadir mengikuti kegiatan tersebut. Tampak warga NU dari berbagai wilayah di Lumajang dengan sarung, berbaju putih dan berkopyah hitam, berdampingan dengan warga Hindu yang menggunakan pakaian adat. Tampak pula perwakilan perangkat desa, perwakilan PSHT, perwakilan lembaga pendidikan Ma’arif dan aparat keamanan.

Ditanya di tempat terpisah, Kyai Khobir Ali, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Senduro menuturkan, harapan besar perdamaian sebenarnya muncul dari grassroot, harapan ini ia sambut dengan turut aktif menyemai kegiatan-kegiatan toleran dan kebersamaan. “Kita turut ambil bagian dalam proses berbangsa dan bernegara, karena sejatinya Indonesia ini adalah negara dengan ragam etnis dan agama paling besar di dunia. Ini yang harus kita tunjukkan” tuturnya.

Baca Juga:  PC. IPNU-IPPNU Siap Gelar Makesta dan Lakmud

Selain upacara bendera yang dihadiri PCNU Ust. Masud, S.Ag., M.A sebagai inspektur upacara, kegiatan juga diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan penggalang dana untuk korban gempa di Lombok. Hasilnya akan disalurkan kepada LAZIZNU Kabupaten Lumajang untuk diteruskan ke Lombok._One