SDL Latih Santri Yahtadi Kuasai Media Dakwah Visual

oleh -

NU-LUMAJANG.OR.IDKedungjajang, Santri Design Lumajang (SDL) memberikan pelatihan Desain Grafis bagi Santri Yahtadi di Ruang Laboratorium Komputer Pondok Pesantren Yahtadi Kedungjajang pada Jum’at (28/08/20)

Menurut Ketua SDL Aryf Hermawan menyampaikan, SDL merupakan bagian dari Lembaga Ta’lif wa Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Lumajang yang saat ini sedang fokus turun pesantren untuk mendidik santri kreatif agar mampu berdakwah melalui media visual.

“Kita ada beberapa tim yang dibagi ke beberapa pesantren untuk memberikan pelatihan desain grafis mulai dari tingkatan dasar hingga mahir, dan salah satu pesantren yang kita berikan program adalah Yahtadi ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Madrasah Design, Langkah Awal Mencetak Santri Unggul Bermedia

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini berdakwah tidak cukup hanya dengan pandai mengaji kitab tapi di era digitalisasi santri juga harus memguasai karya visual yang mudah dipahami melalui media sosial.

“Hampir semua kalangan saat ini menggunakan media sosial dan itu harus dijadikan peluang bagi santri dengan kemampuan desain grafis yang kreatif yang membawa pesan dakwah,” imbuhnya.

Rencananya, SDL akan memberikan pelatihan desain grafis setiap minggu satu kali selama 2 dua bulan dengan target 50 santri hingga mahir.

Baca Juga:  Ansor Kedungjajang Ngaji Sejarah NU Lokal dan Peringati Haul Gus Dur

Faizatul Millah, santri asal Jember yang menjadi salah satu peserta menyampaikan bahwa ia sangat senang mengikuti pelatihan desain yang baru pertama kali dipelajari.

“Saya sangat senang ikut kelas pelatihan desain, karena kakak pelatihnya sudah pinter-pinter dan sabar dalam melatih kami yang baru pertama mengenal desain ini,” ungkap santriwati yang baru lulus Aliyah di Yahtadi Lumajang.

 

Pewarta : Fawaid Jazuli