Rayakan HUT RI ke-75 dan Tahun Baru Islam, Pagar Nusa Senduro Gelar Melaku Santuy

oleh -dibaca 64 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Senduro. Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (PN NU) Kecamatan Senduro menggelar acara bertajuk “Melaku Santuy” di jalan utama Desa Bedayutalang Kecamatan Senduro pada Jumat (21/8/2020) untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia dan tahun baru Islam 1442 H.

Rayakan HUT RI ke-75 dan Tahun Baru Islam, Pagar Nusa Senduro Gelar Melaku Santuy
Mobil pengiring Melaku Santuy saat melewati perkebunan warga

Acara yang diikuti ratusan santri Pagar Nusa dari seluruh Kecamaran Senduro ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Bedayutalang dan dihadiri anggota kehormatan Perguruan Pencak Silat Tjimande Indonesia (PPTI) Cabang Lumajang bersama Banser Senduro dan beberapa warga.

Baca Juga:  Sinergi dengan Kapolsek, Satgas NU Peduli Covid-19 Senduro Bagikan 2.500 Masker
Rayakan HUT RI ke-75 dan Tahun Baru Islam, Pagar Nusa Senduro Gelar Melaku Santuy
Antusiasme warga dan santri Pagar Nusa saat ikuti Melaku Santuy

Ketua PAC PN NU Senduro Hisyam Faruq menuturkan kegiatan ini sebagai syiar NU dan meneguhkan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Disini ada basis gerakan Wahabi terutama di Dusun Wonopolo, maka kita tunjukan kalau kita benar-benar ada dan konkrit sangat mendukung keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga mensyiarkan NU,” jelas pria yang akrab disapa Gus Faruq ini.Rayakan HUT RI ke-75 dan Tahun Baru Islam, Pagar Nusa Senduro Gelar Melaku Santuy

Gus Faruq menambahkan seluruh peserta tampak semangat dengan menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan dan ke-NU-an.

“Rute yang ditempuh sekitar 7 Km, Start dari kediaman Rais Syuriah Ranting Bedayutalang Ustadz Fauzan, setelah itu penampilan para pendekar di lapangan desa, kemudian finish di kediaman ustaz kayat yang juga Rais Syuriah NU disini, dan semuanya sangat antusias menyanyikan mars yalal Wathon, lagu kemerdekaan, pancasila,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pagar Nusa Lumajang Kirim Belasan Atlet di Pospeda Jawa Timur
Rayakan HUT RI ke-75 dan Tahun Baru Islam, Pagar Nusa Senduro Gelar Melaku Santuy
Unjuk kebolehan para pendekar Pagar Nusa disela-sela Melaku Santuy di Lapangan Desa Bedayutalang

Ia berharap ini bisa menjadi agenda tahunan dan semakin menambah rasa Nasionalisme khususnya bagi para pendekar Pagar Nusa.

“Ini masih awal kami gelar dan insyaallah diagendakan setiap tahun, kami berharap ini bisa menjadi pemicu bertambahnya rasa Nasionalisme bagi santri Pagar Nusa sesuai di yel-yelnya bela Kiai bela Negara,” pungkasnya.