Belajar Kelola Sampah, LPBI NU Lumajang Kunjungi UD Teguh Karya

oleh -dibaca 59 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Lumajang melakukan kunjungan Kepada Unit Dagang (UD) Teguh Karya di Kecamatan Kencong Kabupaten Jember pada Jumat (14/8/2020) untuk belajar cara mengelola sampah.

Wakil Sekretaris PC LPBI NU Lumajang Anin Sulhunaini menuturkan permasalah sampah harus ditangani dengan benar.

“Tentang sampah mulai dulu sudah menjadi permasalahan yang dihadapi masyarakat, maka perlu dibentuk BSN atau Bank Sampah Nusantara” jelas perempuan yang biasa disapa Anin ini.

Baca Juga:  Siapkan Ketahanan Pangan, LPPNU Ajak Tanam Singkong

Anin menambahkan LPBI NU Lumajang kedepan akan akan masuk ke pesantren-pesantren untuk mengenalkan BSN tersebut.

“Oleh karena itu kami belajar di UD Teguh Karya ini yang sukses mengelola sampah, sehingga BSN nantinya bisa ada di pesantren-pesantren dan lembaga lainnya yang ada di naungan NU, karena jika ditangani serius sampah bisa menjadi berkah,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan sampah juga bisa menjadi sumber dana bagi lembaga dan pesantren.

Baca Juga:  Bupati Lumajang Inginkan Percepatan RSNU Jadi Program Unggulan Kabupaten

“Cara pemisahaan anorganik dan organik, proses pengelolaannya sehingga bukan hanya bebas dari sampah tapi juga menguntungkan secara ekonomi,” terangnya.

Pemilik UD Teguh Karya yang juga alumni pesantren NU, H. Muhammad Feri menyambut baik kunjungan LPBI NU Lumajang.

“Sangat baik apa yang dilakukan LPBI Lumajang, karena ketika saya nyantri dulu sampah plastik dan kertas memang menjadi masalah utama di pesantren, maka perlu kepedulian NU untuk menangani hal ini,” pungkasnya.