Selama Pandemi Covid-19, Satgas PCNU Lumajang Berhasil Kumpulkan Dana 1,2 Miliar

oleh -dibaca 102 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Satuan Tugas (Satgas) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang berhasil mengumpulkan dana sebesar 1,2 miliar selama pandemi virus Corona.

Dana yang dikumpulkan dari donasi PCNU Lumajang telah didistribusikan pada warga terdampak virus corona Se-Kabupaten Lumajang .

Ketua LKNU Lumajang Wendra Wijaya, S.Kp. EMT-P mengatakan, jumlah uang tersebut merupakan hasil penggalangan tim Satgas NU Lumajang dari warga NU Lumajang.

“Alhamdulillah banyak warga NU mulai tergerak ikut membantu dalam pencegahan virus Corona,” ungkapnya bersama Ketua LPBI NU Ahmad Ridwan dan Satgas Banser Rudi Hartono dalam Konferensi Pers di kantor PCNU Lumajang, Rabu (29/07/20).

Wendra mengatakan, uang tersebut dirupakan dalam bentuk kegiatan, mulai pembagian masker, Alat Pelindung Diri (APD), Handsanitizer, penyemprotan desinfektan, dan pemberian sejumlah sembako pada warga terdampak virus Corona.

“Pembagian bantuan ini tidak hanya dilakukan oleh Satgas yang berada di PCNU saja, tetapi juga Satgas di tingkat Majelis Wakil Cabang (MWC)  maupun ranting NU,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk  penyemprotan, Satgas PCNU mengalokasikan sebanyak 88 ribu Liter lebih pada 17.000 lebih tempat.

Baca Juga:  Satgas NU Senduro Habiskan Ratusan Juta Untuk Tangani Dampak Covid-19

“Mulai dari tempat pendidikan, Masjid, Perkantoran, sarana publik, Pondok Pesantren, Mushola, dan  tempat ibadah non muslim, jika dianggarkan totalnya mencapai 300 juta lebih,” terangnya.

Ketua PC LKNU itu menuturkan, sedangkan untuk masker PCNU mengalokasikan sebanyak 986 ribu masker, jika diuangkan sebesar 33 Juta lebih.

“Alhamdulillah masyarakat senang dengan bantuan masker tersebut, banyak masyarakat memanfaatkan masker yang diberikan oleh Satgas PCNU,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, selain itu Satgas juga mengalokasikan sebanyak 40 Liter Handsanitizer yang berupa 400 botol dengan masing-masing botol berisi 400 ml, jika diuangkan berjumlah sebanyak 12 Juta.

“Bahkan Satgas juga mengalokasikan bantuan berupa 1614 paket Sembako, yang terdiri dari 5 kg beras premium, 1 kg minyak goreng, 5 bungkus mie goreng dan 1 kg gula yang mencapai 136 Juta lebih,” paparnya.

Laki laki berkaca mata itu menambahkan, Satgas PCNU Lumajang juga mengalokasikan pembagian Zakat Fitrah sebesar 53,6 Ton dengan total 536 Juta.

“Satgas juga memberikan 1500 paket nasi yang jika dijumlahkan berupa uang sebesar 10 juta rupiah, selain itu Satgas PCNU memberikan bantuan 200 APD pada tenaga medis dengan total mencapai 64 Juta lebih,” kilahnya lagi.

Baca Juga:  Satgas NU Peduli Covid-19 Lumajang Prioritaskan Penanganan Pandemi di Zona Merah

Sementara itu PC Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Ahmad Ridwan menimpali, Satgas PCNU memberikan bantuan berupa 80 ribu paket sarung tangan dan 3200 pamflet.

“Dan Juga 2000 takjil yang dibagikan selama bulan puasa, dan  282.000 tablet vitamin dengan total hampir mencapai 300 Juta,” ungkapnya.

Ia menuturkan, upaya ini akan terus dilakukan oleh Satgas bersinergi dengan pemerintah Daerah Lumajang. Karena ini bagian dari andil PCNU dalam melakukan pencegahan pencegahan virus Corona.

“Hal ini adalah bentuk kontribusi nyata Satgas PCNU ikut andil dalam pencegahan Covid-19. Alhamdulillah bantuan ini bisa distribusi pada orang yang benar-benar membutuhkan,” tambahnya.

Terakhir ia mengatakan bahwa Satgas NU Peduli Covid-19 Lumajang berharap bagi warga Lumajang, khususnya bagi warga NU agar tetap mematuhi protokol kesehatan virus Corona.