Ketua PC LP Ma’arif NU Bicarakan Manfaat dan Kendala Pembelajaran di Masa Pandemi

oleh -dibaca 35 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Ketua Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (PC LP Ma’arif NU) Lumajang menyampaikan pendapatnya dalam Diskusi dan Bedah Pedoman Pembelajaran di Masa Pandemi pada Kamis (18/06/30) di Ruang Rapat PCNU Lumajang.

Ketua PC LP Ma’arif NU Mokh. Yamin S.Pd., M.M. menyatakan, sebelum adanya virus Covid-19 ini, pembelajaran di lingkungan Ma’arif telah terbiasa untuk mencuci tangan dan pembacaan sholawat atau istighotsah sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai.

“Maka dengan ini semoga kebiasaan-kebiasaan tersebut lebih mantap untuk dilakukan. Selain itu, dibalik kerugian akibat pandemi ini, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh,” paparnya.

Baca Juga:  LP Ma'arif NU Lumajang Buka Olimpade Aswaja Tingkat SMP dan SMA

Dalam acara yang disiarkan secara langsung di fanspage LTN NU Lumajann itu ia menjelaskan manfaat yang dapat diperoleh antara lain, yang pertama, orang tua menjadi lebih dekat dengan anaknya, lebih memerhatikan pelajaran yang harus didapatkan dan dipahami oleh anaknya.

“Kedua, guru juga lebih dekat dengan murid, tidak hanya mengajar dengan memberikan tugas di Lembar Kerja Siswa (LKS) kemudian ditinggal. Ketiga, guru menjadi melek digital,” ungkapnya.

Ketua PC LP Ma’arif itu juga mengatakan, selain manfaat, ada beberapa kendala yang harus diperhatikan, seperti sarana pembelajaran daring yang tidak semua orang tua atau siswa memiliki, yaitu handphone, atu juga kuota yang tidak dapat dipenuhi karena keadaan ekonomi.

Baca Juga:  LP Ma'arif NU Lumajang Teken Kerjasama dengan BPJS Lumajang

“Maka perlu kiranya dari Dinas Pendidikan dan Kemenag untuk memerhatikan dan memberikan petunjuk skala prioritas pengalokasian dana BOS yang harus dilakukan oleh masing-masing sekolah di setiap jenjang pendidikan,” jelasnya.

Mokh. Yamin berharap dengan adanya petunjuk skala prioritas alokasi danas BOS itu semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan saat pandemi ini dapat terpenuhi dengan baik, dan siswa-siswa kita terhindar dari Covid-19.