NU Care Lazisnu Senduro Mulai Jalankan Program Budidamber

oleh -dibaca 128 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID. Senduro. NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kecamatan Senduro merespon himbauan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang tentang ketahanan pangan di masa tatanan kebiasaan baru (New Normal) dengan mulai menjalankan Program Budidaya Daya Lele Dalam Ember (Budidamber) pada Rabu (10/6/2020).

Acara yang dilaksanakan di kantor sekretariat Lazisnu Ranting Purworejo tersebut dihadiri oleh beberapa pengurus Lazisnu tingkat Ranting di Kecamatan Senduro.NU Care Lazisnu Senduro Mulai Jalankan Program Budidamber

Ketua Lazisnu Senduro Muhammad Rofiul Ulum menjelaskan alasan memilih budi daya ikan Lele karena lebih mudah dan hemat biaya.

“Untuk tahap awal ini kami memilih Budi daya Lele dan Kangkung di dalam ember, Karena tidak butuh modal banyak, efisien dalam penempatan lahan karena hanya ember tidak butuh tempat atau lahan luas, masa panen yang tidak lama hanya 2 – 3 bulan ditambah sayur dalam 15-20 hari sudah panen dan perawatan tidak sulit,” jelas Rofiul.NU Care Lazisnu Senduro Mulai Jalankan Program Budidamber

Baca Juga:  Bangun Tugu Seduluran, Pemerintah Desa Pandansari Libatkan Pengurus NU

Lelaki yang biasa disapa Rofi’ tersebut menambahkan program ini akan digencarkan di Ranting-ranting NU dan sebagai uji coba sudah disebar beberapa media dan bibit ikan.

“Ini kita jalankan di Ranting-ranting, jadi tadi kami menyebarkan berupa ember besar, bibit Lele, Aqua media tanam sayur, bibit sayuran dan pakan, masing masing 1 untuk setiap ranting karena ini masih tahap ujicoba, jadi tadi keseluruhan ada 14 ember dengan 1000 Bibit lele dan 200-an media tanam sayur,” imbuhnya.NU Care Lazisnu Senduro Mulai Jalankan Program Budidamber

Lebih lanjut ia menargetkan kedepan setiap ranting dapat menambah beberapa ember dan meningkatkan hasil Budi dayanya.

Baca Juga:  Kepala Desa Purworejo Berharap Lailatul Ijtima' di Desanya Rutin Dilaksanakan

” Kita targetkan setelah bulan ini ranting bisa meneruskan dengan minimal 1 Ranting memiliki 5 ember dengan 300 bibit Lele dan 100 media, dan kita targetkan juga dalam 3 bulan kedepan sahabat-sahabat ranting bisa memiliki 5000 bibit lele yang di Budi dayakan,” ungkapnya.

Ia berharap hal ini bisa berimbas terhadap perekonomian warga dan timnya siap untuk memberikan pendampingan bagi warga yang menjalankan Budidamber ini.

“Semoga masyarakat dimulai dari sahabat-sahabat Lazisnu di Ranting bisa bangkit dan memulai aktifitas yang bisa menghasilkan yang selama ini terhantui dengan Covid-19, dan masyarakat punya semangat baru untuk beraktifitas dengan ilmu dan komunitas baru yang akan selalu didampingi oleh Lazisnu Senduro,” pungkasnya.