Inilah Keutamaan Membaca Sholawat

oleh -dibaca 66 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Lumajang Ust. M. Gunawan Ridwan menyampaikan tausiyah “Keutamaan Sholawat” pada Program Spesial Ramadlan Ngaji Online oleh LTN NU Lumajang di pertemuan ke-29, pada Jumat (22/05/20).

Ia menyampaikan, dalam Hadist Qudsi Allah berfirman, Wahai Muhammad kekasihku, Aku menciptakanmu dari Nurku (cahayaku) sendiri, dan Aku ciptakan makhluk, alam dan seisinya dari Nurmu.

“Sahabat Jabir berkata kepada Rasulullah, Wahai Rasulullah, kabari aku, demi ayah bundaku, sesuatu yang Engkau ciptakan sebelum alam dan seisinya,” paparnya.

Ust Gunawan melanjutkan, Rasulullah menjawab, sebelum Allah menciptakan langit dan bumi, serta alam semesta dan seisinya, Allah terlebih dahulu menciptakan Nurku.

“Untuk itulah, orang yang bersholawat kepada Rasulullah SAW, akan bersambung ruhnya dengan Nabi Muhammad SAW, begitu juga sebaliknya,” tuturnya.

Baca Juga:  Inilah Tiga Pondasi Penting Membentuk Karakter Muslim Yang Baik

Ia menerangkan, bahwa Allah berfirman, barang siapa yang memperbanyak sholawat kepada Rasulullah SAW, maka kelak di hari kiamat tubuhnya akan bersinar.

“Maka dari itu kita harus memperbanyak sholawat agar menjadi tenang hati kita, mendapat rahmat Allah SWT dan mendapat syafa’at dari Rasulullah SAW, serta akan dilindungi oleh Malaikat Allah SWT,” ungkapnya.

Wakil Ketua LDNU itu menjelaskan, sholawat adalah kunci atas diterimanya segala doa. Sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW, sholawat dapat menembus hijab yang menghalangi sampainya sebuah doa kepada Allah SWT.

“Sedangkan bagi seseorang yang tidak membaca sholawat, maka akan tertolak semua amal ibadah dan doanya,” terangnya.

Baca Juga:  Gelar Musker, LTN NU Akan Terus Perkuat Kerjasamanya Dengan Lembaga Lain

Ia menyampaikan, Imam Qurthubi mengatakan bahwa barang siapa yang memiliki maksud dan hajat yang besar, atau ingin menolak balak, maka hendaklah ia membaca sholawat nariyah dan bertawasul kepada Rasulullah sebanyak 4.444 kali.

“Dengan begitu, Allah SWT akan mengabulkan hajat kita, karena mendapat Taufik-Nya lewat sholawat kepada Rasulullah SAW, maka mari di masa pandemi ini kita memperbanyak membaca sholawat,” tuturnya.

Ust Gunawan mengatakan, Allah berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya, Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kamu kepadanya serta ucapkanlah salam dengan penghormatan kepadanya, begitu Firman Allah. Orang-orang yang bersholawat kelak di akhirat akan dekat dengan Rasulullah,” pungkasnya.