LFNU Gelar Rukyatul Hilal di Pantai Mbah Drajid, Ini Hasilnya

oleh -dibaca 29 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Pimpinan Cabang Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (PC LFNU) Lumajang gelar Rukyatul Hilal di Pantai Mbah Drajid Wotgalih Yosowilangun pada Jumat (22/05/20).

Sekretaris LFNU Lumajang, Fathur Rahman, S.Pd.I mengatakan bahwa di Jawa Timur ada sekitar 21 titik dan Lumajang salah satunya, dan Lumajang melaksanakan rukyatul hilal di Pantai Mbah Drajid Wotgalih.

“Ada sekitar 8 anggota LFNU Lumajang, beberapa dari Kemenag Lumajang dan ikut hadir juga Kepala Kemenag Kab Lumajang, kita persiapan dari jam 16:30 sampai masuk waktu Maghrib namum hilal tidak terlihat,” paparnya.

Baca Juga:  LFNU Lumajang Ikuti Kaderisasi Ulama Hisab Rukyat

Rahman melanjutkan, LFNU menggunakan beberapa metode perhitungan yang salah satunya adalah ephiemeris, dari hasil perhitungan -3 derajat, maka tidak mungkin hilal terlihat.

“Karena masih berada di bawah ufuk dengan ketinggian -3 derajat itu, namun kita tetap melaksanakan rukyatul hilal karena mengacu pada Ijtima’ yang terjadi pada malam ini sekitar jam 00:33:30.70,” jelasnya.

Baca Juga:  LFNU Dampingi Pengukuran Arah Kiblat Musholla dan Masjid Pondok Assayyidah Fatimah

Sekretaris LFNU itu pun menambahkan, oleh karena hal tersebut, bisa dipastikan hilal tidak akan terlihat, maka dengan ini diputuskanlah bahwa bulan Ramadlan tahun ini di-Istikmalkan atau digenapkan 30 hari.