Inilah Tiga Pondasi Penting Membentuk Karakter Muslim Yang Baik

oleh -dibaca 58 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Program Spesial Ramadlan Ngaji Online Bareng Kiai yang diadakan Lembaga Ta’lif wa Nasyr Nahdaltul Ulama (LTN NU) Lumajang di pertemuan ke-26 pada Selasa (19/5/2020) mengangkat tema Membentuk Karakter Masyarakat Muslim.

Dimoderatori oleh ketua LTN NU Lumajang Arif Ulin Nuha ngaji setiap menjelang buka puasa ini dinarasumberi langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Syarifudin Wonorejo Dr. Kiai Syuhud.

Kiai Syuhud menjelaskan pembentukan karakter masyarakat muslim yang baik memerlukan kematangan dalam beberapa hal agar lebih tertata.

“Modal dasar seperti kematangan intelektual kematangan sosial kemudian kematangan emosional dan kematangan religius adalah modal dasar, ini sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam menata masyarakat dengan karakter yang kita inginkan,” jelas Kiai Syuhud.

Baca Juga:  MA Putri Nurul Masyithah Bagikan Ratusan Masker di Daerah Terdampak Corona

Kiai yang juga Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Pasirian tersebut manambahkan dengan kematangan intelektual dan emosional seseorang dapat mengatasi permasalahan dengan tetap bisa mengontrol diri

“Dengan kematangan intelektual kita betul-betul memiliki kemampuan untuk menyelesaikan problem kehidupan bermasyarakat, kematangan emosional yang akan mendidik kita untuk menahan diri,”imbuhnya.

Lebih lanjut DosenĀ  IAI Syarifudin tersebut juga menuturkan kegunaan kematangan sosial dan religius untuk membimbing seseorang bersikap jujur dan tahan banting.Inilah Tiga Pondasi Penting Membentuk Karakter Muslim Yang Baik

Baca Juga:  Satgas NU Peduli Covid-19 Lumajang Prioritaskan Penanganan Pandemi di Zona Merah

“Kematangan sosial akan menempatkan kita pada posisi yang benar dihadapan orang lain dan akan membimbing kita dengan cara yang jujur, persaudaraan, tanggung jawab, sedangkan kematangan religius menguatkan ketahanan kita dalam menghadapi berbagai cobaan dan problem,” tuturnya.

Oleh karena itu Ia merumuskan dari keterangan sebelumnya ada tiga pondasi penting mencapai kematangan dalam pembentukan karakter muslim yang baik.

“Maka ada tiga dasar yang harus kita miliki dalam rangka membangun karakter insan masyarakat muslim, yang pertama yaitu ilmu pengetahuan kemudian yang kedua aqidah islamiyah kemudian yang ketiga itu adalah ibadah Sohihah,” pungkasnya.