Inilah Golongan yang Dirindukan Surga, Apakah Kita Termasuk?

oleh -dibaca 40 orang

NU-LUMAJANG.OR.IDLumajang, Ketua PC Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Lumajang KH. Wahib, M.Ag. menyampaikan tausiyah “Golongan yang Dirindukan Surga” pada Program Spesial Ramadlan Ngaji Online oleh LTN NU Lumajang di pertemuan ke-25, pada Senin (18/05/20).

Ia menyampaikan, golongan yang dirindukan surga yang pertama adalah Ahlul Quran, orang-orang yang suka membaca Al-Quran, memaknai Al-Quran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan.

“Agar Al-Quran bisa menjadi cahaya dalam segala aspek kehidupan, baik yang horizontal ataupun vertikal, semuanya berdasarkan Al-Quran,” tuturnya.

Ketua LDNU itu melanjutkan, golongan kedua yang dirindukan surga adalah orang yang menjaga lisannya. Terutama di bulan puasa, karena jika tidak menjaga lisan, maka bisa merusak pahala puasa.

Baca Juga:  Banyak Main Game Saat Puasa Bisa Menjadikan Rugi

“Tidak menggunakan lisan untuk berbohong, ghibah (membicarakan orang), namimah (adu domba). Maka gunakanlah lisan untuk memperbanyak dzikir kepada Allah SWT,” jelasnya.

Ia pun menerangkan, golongan ketiga yang dirindukan surga adalah orang yang memberi makan orang berpuasa.

“Rasulullah bersabda, barang siapa yang memberi minum seteguk air pada orang berpuasa, maka ia akan dihilangkan hausnya oleh Allah SWT di akhirat,” lanjutnya.

Baca Juga:  Menyegerakan Zakat Sangat diharapkan Saat Masa Pandemi Corona

Kiai Wahib menjelaskan, golongan yang keempat adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadlan. Di mana pada bulan Ramadlan kita harus memanajemen puasa kita dengan baik.

“Manajemen puasa yang baik adalah sahur dengan makanan yang cukup gizi, salat Shubuh berjamaah, salat sunnah, dzikir sampai terbit matahari, membaca Al-Quran, dan lain sebagainya,” paparnya.

Terakhir ia menyampaikan, dengan manajemen ibadah yang baik di bulan puasa Ramadlan, maka tidak akan ada celah untuk bermaksiat yang membuat puasa kita sia-sia.