Inilah Tiga Amalan Sunnah Saat Berbuka Puasa

oleh -dibaca 21 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Program Spesial Ramadlan Ngaji Online Bareng Kiai yang diadakan Lembaga Ta’lif wa Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Lumajang di pertemuan ke empat belas pada Kamis (7/5/2020) mengangkat tema Amalan-amalan Sunnah Saat Berbuka Puasa.

Dimoderatori oleh Shifa Mutiah, S.H acara tersebut diisi langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Lumajang sekaligus anggota DPR Jawa Timur Neng Lailatul Qodriyah, S.S.

Dalam tausyiahnya Neng Laila menuturkan ada tiga pekerjaan Sunnah saat seseorang berbuka puasa.

“Ada tiga amalan Sunnah saat berbuka puasa, satu Ta’jilu Fitr atau menyegerakan berbuka, berbuka dengan yang manis-manis, dan berdo’a,” tutur Neng Laila.

Baca Juga:  IKAPMII Lumajang Gelar Muscab Ke-3

Neng Laila menjelaskan menyegerakan berbuka puasa fadlilahnya sangatlah besar seperti yang diterangkan dalam Hadits Nabi.

“Sunnah Ta’jilul Fitr disampaikan oleh Rasulullah bahwa manusia senantiasa dia pasti dalam kebaikan jika dia menyegerakan buka puasanya, pahala dari sunnah itu sudah dapat satu, pahala ittiba’ Nabi juga pahala tersendiri,” jelas Neng Laila.

Neng Laila Menambahkan lebih utama lagi jika seseorang berbuka dengan kurma karena hal ini yang dilakukan Rasullullah saat berbuka puasa.

“Telah disampaikan bahwa Rasulullah SAW berbuka itu berbuka dengan kurma Rutin atau kurma basah, jika tidak ada beliau berbuka dengan Tamr atau kurma kering, jika tidak ada dari keduanya beliau berbuka dengan seteguk air,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sambut Tahun Baru Hijriyah, Ansor Desa Umbul Selenggarakan Pawai Obor

Lebih lanjut Neng Laila juga menjelaskan berdoa saat berbuka puasa juga termasuk Amaliah Sunnah sebagai rasa syukur kepada Allah.

“Dan sebelum itu semua yang paling penting adalah do’a kepada Allah, sebagai ungkapan syukur yang tak terhingga telah diberi kenikmatan berbuka puasa, ada yg berpendapat bisa dengan doa umum doa apa saja ditambah dengan doa yang biasa dibaca saat berbuka puasa,” pungkasnya.