Menyegerakan Zakat Sangat diharapkan Saat Masa Pandemi Corona

oleh -dibaca 68 orang

 

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Program Spesial Ramadlan Ngaji Online Bareng Kiai yang diadakan Lembaga Ta’lif wa Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Lumajang di pertemuan kesepuluh pada Ahad (4/5/2020) mengangkat tema Ta’jiluz (menyegerakan) Zakat di Masa Pandemi Covid-19.

Acara yang dimoderatori oleh ketua LTN NU Lumajang Arif Ulin Nuha kali ini diisi langsung oleh ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama’ (LDNU) Lumajang KH. Wahib, M.Ag.

Dalam tausyiahnya Kiai Wahib menuturkan dalam keadaan Pandemi Corona menyegerakan zakat sangatlah penting untuk membantu masyarakat yang terdampak.

“Di masa pandemi Covid-19 ini maka sangat bermanfaat jika masyarakat yang sudah berkewajiban untuk mengeluarkan zakat baik zakat mal maupun zakat fitrah, maka selayaknya karena banyak masyarakat yang terdampak yang harus dibantu demi untuk menyambung hidup mereka yang perlu untuk kita bantu biar mereka bisa beribadah lebih tenang karena segala sesuatu yang sudah tercukupi,” himbau Kiai Wahib.

Baca Juga:  Banyak Main Game Saat Puasa Bisa Menjadikan Rugi

Kiai Wahib selanjutnya menjelaskan hukum menyegerakan zakat yang diterangkan oleh para Ulama di beberapa karya tulisnya.

“Terkait ta’jiluz zakat di masa Covid-19 ini dalam kitab Majmu’ karya imam An-Nawawi beliau menyampaikan boleh menta’jil Zakat Fitrah sebelum diwajibkan, jadi boleh memulai zakat diawal bulan Ramadlan apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini, bahkan ada pendapat sohih mengatakan boleh mengeluarkan zakat diseluruh bulan Ramadlan,” jelas Kiai Wahib.

Baca Juga:  Begini Ciri-ciri Manusia Setengah Dewa

Lebih lanjut Kiai Wahib juga menyinggung tentang menyegerakan zakat mal dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi.

“Terkait zakat mal boleh menta’jil zakat yang bersifat menahun sebelum sempurna haul atau masa setahunnya, seperti emas, perak, ternak, dagangan sebelum satu tahun dengan syarat mencapai satu Nisob, maka tidak ada halangan untuk kita mengeluarkan zakatnya,” pungkasnya.