Banyak Main Game Saat Puasa Bisa Menjadikan Rugi

oleh -dibaca 48 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Program Spesial Ramadlan Ngaji Online bareng Kiai yang diadakan Lembaga Ta’lif Wa Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Lumajang di pertemuan ketujuh pada Kamis (30/4/2020) mengangkat tema orang yang merugi di bulan Ramadlan.

Tampil sebagai narasumber adalah sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang Gus Abdul Mugits Nauval yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Ulum desa Krai Yosowilangun dan dimoderatori Syahwal Ali, S.Pd.

Dalam tausyiahnya Gus Nauval menyampaikan besarnya kemulyaan bulan Ramadlan sehingga sangat sayang jika melewatkan kesempatan kemulyaan tersebut.

“Sebagaimana yang kita tahu bulan Ramadlan adalah bulan penuh hikmah, bulan yang paling mulya diantara bulan lainnya, bulan dimana pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan syaitan dibelengggu, Ramadlan ini bulan yang sangat istimewa sehingga eman jika kita menyia-nyiakan kesempatan ini begitu saja,” jelas Gus Nauval.

Baca Juga:  Ketua PCNU Lumajang : Ikhlas Sebagai Dasar Puasa, Sabar Sebagai Penguatnya

Gus Nauval melanjutkan bahwa orang yang menyia-nyiakan kesempatan dalam bulan Ramadlan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat adalah orang yang rugi.

“Rugi jika orang yang puasa, dia lapar, dahaga, tapi dia melakukan maksiat dan hal-hal yang tidak produktif seperti main game seharian, nonton film, TV seharian dan lain sebagainya intinya yang tidak berhubungan dengan produktivitas puasanya, karena bulan puasa itu bulan yang benar-benar istimewa,” tuturnya.

Baca Juga:  PAC IPNU-IPPNU Lumajang Bagikan Nasi Bungkus Kepada Warga Terdampak Corona

Lebih lanjut Gus Nauval menerangkan bahwa disaat Pandemi Covid-19 ini merupakan kesempatan besar untuk mengamalkan Sunnah Rasul.

“Apalagi disaat seperti ini, saat Pandemi Covid-19 kita kan sebaiknya berada di rumah, sehingga ini kesempatan kita untuk melakukan amaliah-amaliah yang seperti Rasulullah lakukan seperti baca Qur’an, dzikir dan lain-lain, jangan malah memperbanyak tidur, bangun tidur main game, nonton TV, ini termasuk orang yang merugi,” pungkasnya.