Kiai Darwis Berikan Tips Agar Tidak Bosan Saat Dirumah

oleh -dibaca 118 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Program Spesial Ramadlan Ngaji Online bareng Kiai yang diadakan Lembaga Ta’lif Wa Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Lumajang di pertemuan keenam mengangkat tema Fadlilah membaca Al-Qur’an di bulan puasa pada Rabu (29/4/2020) dengan dimoderatori Arif Ulin Nuha dan Dr. KH. Mohammad Darwis, M.Pd sebagai Narasumber.

Kiai yang juga Katib Syuriah PCNU Lumajang tersebut menjelaskan bahwa umat Islam diberi keutamaan yang tidak diberikan kepada umat sebelumnya.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah maka Allah subhanahu wa ta’ala menyampaikan kepada malaikat Jibril, sampaikan kepada Muhammad saya akan memberikan sesuatu yang istimewa kepada Muhammad dan kepada umatnya yang belum saya berikan kepada umat-umat terdahulu, Apa itu? yaitu Ramadlan, karena di dalamnya ada malam yang satu malam itu lebih baik dari seribu bulan yaitu Lailatul Qadar,” jelas kiai Darwis.

Baca Juga:  Kenali, Inilah Waktu-waktu yang Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadlan

Oleh karena itu Kiai Darwis menghimbau di bulan Ramadlan ini agar menyinari rumah dengan bacaan Al-Qur’an.

“Ini luar biasa, kitab yang akan memberikan banyak berkah baik dibaca, ditulis, didengarkan itu sudah akan mendapatkan pahala dan keberkahan, maka saya berpesan kepada saya sendiri dan kepada kita semua masyarakat Lumajang apalagi sekarang kita ada di rumah, dikarantina atau di lockdown, kita amalkan hadis Rasulullah, sinarilah rumah-rumah kalian dengan salat dan membaca Al-Qur’an,” tutur kiai Darwis.

Baca Juga:  LTNNU Lumajang Wujudkan Media Rujukan Nahdliyin

Lebih lanjut kiai Darwis menambahkan bahwa selain pahala yang besar membaca Al-Qur’an juga dapat menghilangkan kebosanan dan menjauhkan dari gangguan-gangguan Jin.

“Abu Hurairah mengatakan disebuah atsar, rumah yang dibacakan Al-Qur’an maka akan luas, akan senang keluarganya merasa kerasan di dalam rumah, jadi baca Al-Qur’an ini adalah obat bosan di rumah, ini sesuai dengan konteks sekarang maka ayo kita kembali ke Al-Qur’an, karena kebosanan itu ditimbulkan Jin maka jika di rumah dibacakan Al-Qur’an maka Jin akan keluar dan Malaikat akan Hadir,” pungkasnya.