Kiai Nur Kholis: Qasidah Burdah Amalan yang Mampu Mencegah Corona

oleh -dibaca 218 orang
iai Nurkholis: Qasidah Burdah Amalan yang Mampu Mencegah Corona
Kiai Nur Kholis

NU-LUMAJANG.OR.ID, Randuangung. Selain dengan mematuhi anjuran pemerintah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah virus Covid-19 (Corona), Kiai Nur Kholis Ketua Ranting NU Randuagung juga memberikan ijazah pada warga NU melalui MWCNU Randuagung pada Selasa (24/3/2020).

Ijazah tersebut didapat dari gurunya KH. Bustomi, yang juga didapat dari ayahnya Almarhum KH. Hasan Jazuli Kerpangan Proboinggo Jawa Timur.

Kiai Nur Kholis meriwayatkan saat masih menjadi santri, Kiai Bustomi menyampaikan bahwa Qashidah Burdah itu, setiap baitnya memiliki beberapa khasiat dan faedah diantaranya sebagai penangkal penyakit yang tidak dapat dibendung seperti Tho’un maupun wabah penyakit menular berbahaya lainnya.

“Termasuk jika kedatangan tamu yang dianggap memiliki penyakit menular, dengan membaca burdah ini Insyaallah juga dapat meghindarkan dari penyakit tersebut, tidak usah dibaca seluruh bait qasidah Burdahnya karena terlalu panjang, cukup dua bait saja dan sudah pasti semua warga NU menghafalnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Ijazah Sholawat Pohon Uang dari Kiai Mahrus Ali

Burdah merupakan suatu Qasidah (lagu-lagu) yang berisi syair tentang pujian dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang diciptakan oleh Imam Al-Busiri dari Mesir, dan di Indonesia Burdah sering dilantunkan oleh warga Nahdliyyin.

Burdah tak hanya indah kata-katanya, tapi doa-doanya juga memberi manfaat pada jiwa dan begitu juga tata cara penggunaan atau pengamalannya.

Berikut dua Bait yang dikatakan Kiai Nur Kholis:

Baca Juga:  Ratusan Siswa Yayasan Muhajir Di Wisuda

أمن تذكـر جيرانٍ بذى سـلم
مزجت دمعا جَرَى من مقلةٍ بدم

Artinya:
Apakah karena mengingat para kekasih di Dzi Salam,

Kau campurkan air mata (di pipimu) dengan darah?

هو الحبيب الّذي ترجى شفاعته – لكلّ هول من الأهوال مقتحم
Huwal habibul ladzi, turja syafa‘atuhu – Li kulli haulin minal ahwali muqtahimi.

Artinya, :
“Dialah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam, Sang kekasih yang syafaatnya senantiasa dinanti, Dalam menghadapi segala derita dan mala petaka yang menerpa”.

Semoga kita bisa mendapat Syafaat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam di dunia dan akhirat. Aamiin ya rabbal’alamiin.
Wallahu’alam Bis-Showab