LTM Himbau Masjid Tetap Mengadakan Jumaatan dengan Beberapa Kebijakan

oleh -dibaca 217 orang
LTM Himbau Masjid Tetap Mengadakan Jumaatan dengan Beberapa Kebijakan
Ketua PC LTM NU Lumajang Kiai Nur Khotib

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang. Pengurus Cabang Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama(PC LTMNU) Lumajang memberi himbauan kepada seluruh masjid naungannya¬† pada Selasa (23/3/2020) untuk tetap melaksanakan Shalat Jum’at dengan beberapa penerapan kebijakan sebagai langkah mencegah penyebaran virus Covid-19.

Ketua PC LTMNU Lumajang Kiai Nur Khotib menuturkan bahwa hal ini telah dikordinasikan dengan pemerintah setempat dan pemerintah tidak melarang pelaksanaan Shalat Jum’at.

“Setelah kami berkordinasi dengan pemerintah, dan pemerintah tidak melarang penyelenggaraan Shalat Jum’at, maka Shalat Jum’at akan tetap dilaksanakan namun dengan beberapa kebijakan,” jelas Kiai Khotib.

Baca Juga:  Kiai Hayid: Puasa Rojab 3 Hari dapat menghindarkan dari Virus Corona

Lebih lanjut Kiai Khotib menjelaskan beberapa kebijakan yang harus diterapkan nanti saat pelaksanaan Shalat Juma’at.

“Demi kewaspadaan bersama maka perlu kehati-hatian, maka pelaksaan Shalat jum’at tetap ada namun dengan merenggangkan jarak antar jemaah, namun tidak serenggang seperti saat shalat jamaah Rowatib, karena pasti nanti masjid ndak muat menampung, mengingat banyaknya orang,” imbuh Kiai Khotib.LTM Himbau Masjid Tetap Mengadakan Jumaatan dengan Beberapa Kebijakan

Baca Juga:  PMII IAI Syarifuddin Gelar Pelantikan Rayon Serentak

Kiai Khotib menambahkan kebijakan lain yang nanti diterapkan adalah pendeknya Khutbah dan tidak bersalaman.

“Khutbahnya diperpendek tanpa mengurangi rukunnya, sementara tidak bersalaman, dan para jemaah tidak boleh berkerumun setelah usai sholat jumat, dan penyediakan sabun di tempat wudhu untuk cuci tangan, serta penyemprotan Disinfektan,” pungkasnya.