Ketua PCNU Lumajang: Kita Harus Menegaskan Identitas

oleh -dibaca 144 orang
Ketua PCNU Lumajang: Kita Harus Menegaskan Identitas

NU-LUMAJANG.OR.ID, Sumbersuko. Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang Gus Mas’ud menekankan pentingnya mempertegas identitas ke-NU-an dalam acara Launching Labelisasi Madrasah Diniyyah (Madin) yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Rabithah Ma’ahid Islami Nahdlatul Ulama (PC RMI NU) Lumajang pada Rabu (18/3/2020) di Pon Pes Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang.

Hadir dalam acara tersebut jajaran pengurus PCNU Lumajang, jajaran pengurus RMI NU Lumajang dan Forum Kordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Sumbersuko.

Gus Mas’ud mengapresiasi langkah RMI NU Lumajang dengan Labelisasi tersebut.

“Alhamdulillah RMI kali ini membuat langkah yang sangat jitu,” ungkap Gus Mas’ud.

Baca Juga:  PCNU Minta Pemerintah Ikut Selesaikan Persoalan Baru Pesantren

Gus Mas’ud menjelaskan pentingnya labelisasi dalam rangka mempertegas identitas ke-NU-an.

“Ini dalam rangka menegaskan identitas, karena zaman sekarang ini kita harus jelas, beda dengan zaman orde baru dulu, karena dulu pemerintah ketat sehingga warna Islam di Indonesia tidak begitu banyak, kalau ndak NU ya Muhammadiyah,” jelasnya.

Lebih lanjut lelaki yang akrab disapa Gus Ud ini menuturkan alasan penegasan tersebut.

“Tapi sekarang ini beda, sekarang ini zamannya terbuka, kalau kita tidak menegaskan identitas, maka akan hilang, akan masuk angin, lah ini akan merusak nanti dalam pergerakan dan perjuangan dalam menjaga Ahlus Sunnah Wal Jama’ah,” tuturnya.

Baca Juga:  Cak Thoriq: Punya Jabatan, Kader NU Harus Jariyah Kebijakan

Gus Ud menambahkan madrasah diniyyah yang diusung NU pasti mengajarkan pendidikan Nasionalisme.

“Jadi yang namanya Madrasah Diniyyah yang mengajarkan agama, maka Nasionalisme itu tidak akan tertinggal manakala yang membawa NU, karena mereka orang-orang radikal hanya bicara agama tapi tidak punya rasa Nasionalisme kebangsaan, ini bahaya,” lanjutnya.

Gus Ud berharap kerjasama dengan kementrian agama dan pemerintah setempat dapat menjaga utuhnya NKRI.

“Karena ini kami ingin selalu bekerjasama dengan kementrian agama dan pemerintah untuk bersama-sama menjaga negeri tercinta ini, supaya menjadi langgeng ila Yaumil Qiyamah,” pungkasnya