Upaya Membariskan Ta’mir Masjid, Ranting NU Nogosari Gelar Lailatul Ijtima’

oleh -dibaca 141 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Rowokangkung, Ranting NU Desa Nogosari Kecamatan Rowokangkung gelar Lailatul Ijtima’ dan peringati Harlah NU serta Isra’ Mi’raj di Masjid Al Barokah Dusun Darungan, pada Ahad (01/03/20).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua PCNU Lumajang, Ketua MWC NU Rowokangkung, Kepala Desa Nogosari, Ta’mir Masjid Dusun Darungan dan Warga Nahdliyin Dusun Darungan Desa Nogosari.

Wakil PCNU, H. Asir, memberikan pembinaan rohani dengan menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW sebagai struktur awal diciptakannya alam semesta, yang sekarang lebih dikita kenal dengan konsep tawassul.

Baca Juga:  Rawan diserobot Aliran Radikal, LTM NU Lumajang data Masjid di Rowokangkung

“Tawassul adalah tradisi dalam NU, sebagai warga NU juga wajib menanamkan sifat tawaddlu’ untuk menghindari sifat takabbur,” tuturnya.

Ia juga memaparkan bahwa klaim perbuatan membid’ahkan sudah ada sejak jaman rasul yang dilakukan setelah perang dalam bentuk protes terhadap Rasul tentang pembagian harta rampasan perang, begitu juga dengan radikalisme.

“Alhamdulillah, sekalipun kondisi hujan rutinitas Lailatul Ijtima’ tetap berjalan, tidak ada upaya bahwa ibadah paruh malam ini adalah untuk bermunajad pada Allah, mendekatkan diri pada Allah, bertawassul dengan Nabi Muhammad dan para ulama muassis NU,” ujar Edi Supeno, Kepala Desa Nogosari.

Baca Juga:  Sosialisasi Protokol Kesehatan, STIH Lumajang Gandeng LPBI NU di Kegiatan OPSPEK

Ketua MWC NU Rowokangkung, Kiai Selamet dalam sambutannya menyatakan bahwa acara ini adalah sebuah upaya membariskan seluruh ta’mir masjid Se-Kecamatan Rowokangkung.

“Kegiatan lailatul ijtima’ dilakukan setiap bulan, namun untuk Kecamatan Rowokangkung, akan dilakukan setiap minggu, per-ranting,” pungkasnya.