Lima PMWC LP Ma’arif NU Gelar Pembentukan Sako Pramuka Serentak

oleh -dibaca 138 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang, Pembentukan Sako (Satuan Komunitas) Pramuka PMWC LP Maarif NU Kec. Yosowilangun, Rowokangkung, Padang, Pasrujambe, Senduro digelar serentak di lima tempat berbeda pada Sabtu (29/02/20).

Acara bertempat di MI Nurul Islam Yosowilangun Kidul, MI Bustanul Ulum Rowokangkung, MI Nurul Islam Barat Padang, MI Nurul Ulum Sarikemuning Senduro, dan MI Miftahul Ulum Sukorejo Pasrujambe.

Turut hadir dalam acara tersebut Pengurus MWC NU setempat, pengurus PMWC LP Maarif NU setempat, Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA di lingkungan Lembaga Pendidikan Maarif NU dan Pembina Pramuka di masing-masing Gugus Depan.

Imron Al Rosyid, PC Sako Pramuka Lembaga Pendidikan Maarif NU Lumajang, menjelaskan bahwa Sako pramuka ditingkat PC LP Maarif NU sudah dibentuk tahun 2003 sesuai amanat pasal 32 ayat 1 UU No.12/2010 tentang Gerakan Pramuka, sedangkan ditingkat PMWC LP Maarif NU Se Kab. Lumajang masih belum terbentuk.

Baca Juga:  Ratusan Warga NU Ranuyoso Gelar Pawai Obor

“Pasca pelantikan dan Raker Sako Pramuka PC LP Maarif NU, diputuskan untuk membentuk Sako Pramuka di masing-masing PMWC LP Maarif NU se Kab. Lumajang,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, setelah seluruh Pengurus Sako Pramuka terbentuk di masing-masing PMWC LP Maarif NU, akan segera dilaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi pengurus dan pembina Pramuka yang belum ikut yang ditargetkan tahun 2020 tuntas.

Baca Juga:  MWC NU Jatiroto Rayakan Harlah NU dengan Istighotsah dan Solawat Bersama

“Tujuan dibentuknya pengurus Sako pramuka di masing-masing PMWC LP Maarif NU Se Kab. Lumajang agar dapat meningkatkan pengembangan sikap bagi anak didik terutama anggota pramuka di lingkungan Ma’arif sehingga membantu di dalam proses pendidikan dan kegiatan belajar mengajar,” paparnya.

Menurutnya, kegiatan belajar bukan hanya mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan saja, melainkan juga mampu mengembangkan karakter siswa melalui pramuka.

“Pramuka merupakan salah satu di antara pembelajaran yang sifatnya ekstrakurikuler yang berhasil menumbuhkan karakter anak didik, pramuka mampu meningkatkan karakter siswa menjadi anak yg disiplin, cerdas dan kreatif,” pungkasnya.