Haul KHR. As’ad Syamsul Arifin, Ratusan Jemaah Padati Masjid Agung Lumajang

oleh -dibaca 197 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang Ratusan jemaah padati Masjid Agung Anas Mahfudz Lumajang untuk mengikuti acara Haul Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo (KHR. Syamsul Arifin, KHR.As’ad Syamsul Arifin, KHR. Fawaid As’ad ) serta para pendiri MI Nurul Islam Kota Lumajang pada Jumat Malam (28/2/2020).

Haul ini terselenggara atas kerjasama MI Nurul Islam Kota Lumajang dan IKSASS Alumni Rayon Lumajang dengan menghadirkan pembicara inti DR. KH. Nawawi Thabrani, MA. guru Ma’had Aly Situbondo.

Meskipun tidak memberikan sambutan karena padatnya acara, Ketua PCNU Lumajang, Gus Mas’ud sempat memberikan keterangan disela kehadirannya bahwa antara Kyai As’ad dan MI Nurul Islam Kota memiliki ikatan historis yang cukup kuat.

Baca Juga:  Lebaran di Negeri Tirai Bambu

“Saya pribadi ingin mengikuti acara ini sampai selesai karena saya adalah bagian dari kluarga besar IKSASS, tapi ada kewajiban lain untuk menghadiri agenda NU di Yosowilangun” ungkapnya

“MI Nurul Islam didirikan oleh KH. Anas Mahfudz yang merupakan pendiri NU Lumajang dan beliau bersama KHR. As’ad sama-sama nyantri, menimba ilmu pada guru yang sama yaitu KH. Hasyim As’ari pendiri Nahdlatul Ulama’,” jelasnya.

Gus Mas’ud juga menambahkan bahwa haul ini bukan hanya milik keluarga besar Alumni pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo namun juga miliknya NU.

Baca Juga:  Merasa Tenang, Guru SDN Jogotrunan ini Mantap Menjadi Muallaf

“Jika dilihat bahwa KHR. As’ad Syamsul Arifin adalah Pahlawan Nasional maka tidak ada alasan bagi segenap warga Lumajang untuk tidak ikut berpartisipasi dalam peringatan tersebut,” imbuhnya.

Selain anggota IKSASS, Keluarga Besar MI Nurul Islam Kota Lumajang dan beberapa tokoh agama, juga hadir Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, MML didampingi Forkopimda yang lain.

Acara berlangsung hikmad dan meriah hingga akhir, yang diselingi penampilan Ruddat saman kolosal yang dibawakan oleh santri dan Al Jiduri.

Pewarta : Faid

Editor : Redaksi